Skip to content
Advertisements

Bagaimana Ciri-Ciri Usaha Sampingan Yang Baik Untuk Karyawan?

Hello Sahabat Koloni,

Mungkin sebagian besar Sahabat-Sahabat Koloni termasuk saya sendiri masih bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan, yang pastinya mengandalkan gaji bulanan dari perusahaan tempat kita bekerja untuk menopang kebutuhan hidup kita tiap bulannya. Betul?

Tapi kita tidak bisa pungkiri bahwa kebutuhan hidup sekarang sangatlah banyak dan mahal. Terkadang suami dan istri bekerjapun masih belum bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarganya selama 1 bulan atau hidup hanya pas-pasan.

Mau tau cara kelola uang pribadi yang cedas, silahkan baca artikel : 8 Tips Cara Cerdas Mengelola Uang Pribadi Versi Koloni Saham

Kalo Sahabat Koloni pernah ditanya “Mau ga sih dapat penghasilan tambahan untuk bisa memenuhi kebutuhan Sahabat Koloni sekaligus bisa menabung juga?” Sebagian besar pasti menjawab “Mau”.

“Tapi gimana caranya bro?”

usaha sampingan

Mungkin sekaranglah saatnya kita untuk mempertimbangkan punya usaha sampingan selain bekerja. Dengan mampunyai usaha sampingan, Sahabat Koloni dan saya bisa mempunyai penghasilan tambahan yang kita idam-idamkan.

Sebelum kita melakukan usaha sendiri baik itu berasal dari ide kita sendiri maupun ide dari orang lain, ada baiknya kita melihat bagaimana ciri-ciri usaha sampingan yang baik untuk kita lakukan dengan status kita sebagai karyawan.

Here we go,

1. Waktu

Waktu menjadi pertimbangan yang sangat penting buat kita sebagai karyawan dalam memilih usaha sampingan, karena sebagian besar waktu kita dihabiskan di kantor, maka usaha sampingan yang akan kita lakukan tidak boleh mengganggu waktu aktifitas kerja kita sehari-hari. Usaha sampingan tersebut haruslah flexible secara waktu dan bisa dilakukan di luar jam kantor kita. Pekerjaan kita tetaplah menjadi prioritas pertama.

2. Tempat

Karena kita tidak bisa berada di 2 tempat sekaligus secara bersamaan, maka carilah sebuah usaha sampingan yang bisa dilakukan dimana saja. Sehingga jika kita berada di kantor, kita tetap bisa menjalankan usaha sampingan kita. Tapi jangan sampai mengganggu pekerjaan kantor Sahabat Koloni yah..

3. Passion

Jika Sahabat Koloni bisa mendapatkan usaha sampingan yang sesuai dengan passion, itu adalah sebuah hal yang luar biasa. Karena passion adalah sebuah bahan bakar untuk Sahabat Koloni terus melakukan usaha sampingan yang Sahabat Koloni pilih.

4. Modal

Setiap usaha pasti ada modal, baik besar maupun kecil, tapi usaha sampingan dengan modal seminimum mungkin yang diperlukan oleh seorang karyawan. Karena bagi seorang karyawan yang dapat gaji bulanan tentunya tidak bisa menghabiskan gaji Sahabat Koloni untuk modal usaha sampingan. Jangan lupakan kewajiban dan tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan keluarga, hanya karena mau punya usaha sampingan yang keren dan mahal.

5. Sistem

Usaha sampingan yang sudah punya sistem yang baik akan memudahkan kita sebagai karyawan untuk menjalankannya. Dengan begitu walaupun kita sedang sibuk sekalipun, maka sistem itu tetap bekerja untuk kita.

Setelah tau ciri-ciri usaha sampingan yang baik untuk kita lakukan tersebut, what’s next?

Sahabat Koloni tinggal mencari usaha sampingan apa yang ingin Sahabat Koloni lakukan.

Untuk memilih usaha sampingan yang Sahabat Koloni ingin lakukan, tinggal masukkan kata kunci seperti “usaha sampingan karyawan” di mesin pencarian google atau yang lainnya, maka Sahabat Koloni akan menjumpai banyak sekali ide-ide usaha sampingan untuk Sahabat Koloni.

Semua ide usaha sampingan baik yang berasal dari ide Sahabat Koloni sendiri maupun ide dari orang lain adalah baik, asal tidak melanggar norma agama dan etika.

Oiya.. Terkadang kita lupa status kita sebagai karyawan yang harus memprioritaskan pekerjaan utama kita dan tidak mencampuradukkannya dengan usaha sampingan kita.

Oleh karena itu, dengan dibuatnya artikel “Bagaimana Ciri-Ciri Usaha Sampingan Yang Baik Untuk Karyawan” ini, besar harapan saya agar Sahabat Koloni bisa mempertimbangkan sebuah usaha sampingan yang sedang dibidik agar sesuai dengan ciri-ciri diatas, sehingga Sahabat Koloni bisa melakukan usaha sampingan tanpa mengganggu pekerjaan utama Sahabat Koloni.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat sebesar-besarnya untuk Sahabat Koloni yang membacanya

Goodluck and do your best.

See you on the next article.

 

Jika Sahabat Koloni merasa bahwa artikel ini bisa bermanfaat untuk Sahabat Koloni ataupun orang lain, silahkan share dan follow my wordpress.com, facebook or twitter.

Advertisements

kolonisaham View All

Seorang karyawan biasa yang berdedikasi untuk terus belajar, trading saham dan berbagi Dunia Saham kepada para Sahabat Koloni.
Bring Us Together.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: