Dunia Koloni Saham

Tools Yang Dipakai Koloni Saham Dalam Trading Saham

Hello Sahabat Koloni,

Dalam melakukan trading saham, kita perlu tools untuk membantu kita mengoptimalkan trading saham kita.

Terkadang kita lupa untuk menggunakan tools ini, karena terlena dengan stockpick yang banyak ditawarkan di group-group atau komunitas-komunitas saham.

Seperti halnya seorang dokter yang memerlukan stetoskop untuk pemeriksaan awal pasiennya. Seorang dokter tidak mungkin hanya mendengar keluhan dari pasien, lalu menebak-nebak penyakit si pasien tanpa melakukan pemeriksaan awal pada tubuh pasien dengan menggunakan stetoskop. Bukan?

Penggunaan tools inipun sama seperti stetoskop yang digunakan oleh para dokter untuk mendeteksi awal keluhan yang disampaikan oleh para pasien. Tidak ada salahnya mendengar atau mengikuti stockpick yang ada, tapi setidaknya kita perlu memeriksa lebih lanjut stockpick tersebut.

Ada beberapa tools yang saya sering pakai untuk menganalisa sebuah saham baik secara fundamental dan teknikal maupun untuk memgetahui pergerakan market global.

Tapi perlu diingat pemakaian dan melihat sebuah tools dalam trading saham tergantung kepada masing-masing individu.

Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi kepada Sahabat Koloni tentang tools yang sederhana, gratis dan biasa dipakai oleh saya pribadi.

Tools ini meliputi aplikasi gratis yang bisa diinstall ke handphone berbasis Android Sahabat Koloni melalui Play Store dan website yang bisa Sahabat Koloni cari di Google Search.

Tools Koloni Saham

Tools Sederhana Tapi Penting

Apa sih aplikasi dan kegunaannya?

1. RTI Business 

RTI BusinessSebuah aplikasi gratis yang bisa diinstall ke handphone Android Sahabat Koloni melalui Play Store. Menurut saya, RTI business ini memiliki fitur yang lengkap sekali dan wajib dimiliki oleh Sahabat Koloni dalam menganalisa sebuah saham.

  • Harga saham yang up to date.
  • Membuat watchlist dari saham yang kita ingin pantau.
  • Menganalisa saham baik secara teknikal maupun fundamental.
  • Membaca berita-berita dari Kontan yang up to date.
  • Indeks market-market besar di dunia seperti Dow Jones Index, Nasdaq Index, S&P 500 Index, Hang Seng Index, Shanghai Index dan lain-lain.
  • Kurs Rupiah terhadap Dollar.
  • Pembelian atau penjualan asing terhadap suatu saham.

2. Investing.com

Sebuah aplikasi gratis yang bisa diinstall ke handphone Android melalui Play Store. Investing.com ini wajib digunakan oleh Sahabat Koloni untuk melihat market global dan harga-harga komoditas yang lebih lengkap

  • Membuat potofolio kita sendiri.
  • Index market-market besar di dunia seperti Dow Jones Index, Nasdaq Index, S&P 500 Index dan lain-lain.
  • Harga komoditas seperti minyak bumi, timah, nikel dan lain-lain.
  • Future Indeks market-market besar di dunia seperti Dow 30 Future, S&P 500 Future, FTSE 100 Future, Euro Stoxx 50 Futures dan lain-lain.
  • ETFs dari market-market besar di dunia, tapi yang paling terpenting iShare MSCI Emerging Market (untuk Asia) dan iShare MSCI Indonesia.
  • Tersedia kalender untuk peristiwa-peristiwa global yang penting untuk beberapa hari kedepan.

3. Platform Online Trading

Sekuritas tempat kita melakukan trading online biasanya menyediakan Platform Online Trading dengan fitur yang lengkap. Sekuritas dengan Platform Online Trading yang menurut saya memiliki fitur yang lengkap adalah Phillip Sekuritas (POEMS) dan Daewoo Mirae Sekuritas (HOTS).

  • Mempunyai gambar grafik untuk analisa teknikal dengan indikator yang cukup lengkap.
  • Laporan keuangan yang terus diupdate setiap kuartal dan tahunan.
  • Pembelian dan penjualan asing pada sebuah saham.
  • Indeks market-market besar di dunia seperti Dow Jones Index, Nasdaq Indeks, S&P 500 Index, Kospi Index dan lain-lain
  • Kurs rupiah terhadap US dollar.
  • Dan masih banyak lagi.

Sahabat Koloni perlu mengeksplore lagi fitur-fitur di Platform Online Trading yang disediakan oleh sekuritas dimana Sahabat Koloni melakukan trading saham agar Sahabat Koloni bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut untuk mempermudah melakukan baik analisa saham maupun trading saham.

Apa sih website dan kegunaannya?

1. www.tradingeconomics.com

Website ini wajib di bookmark oleh Sahabat Koloni karena di website ini Sahabat Koloni bisa melihat indikator ekonomi dalam negeri maupun luar negeri secara lengkap dan detail.

  • GDP Growth Rate
  • Unemployment Rate
  • Inflation Rate
  • Interest Rate
  • Balance Of Trade
  • Government Debt To GDP

2. www.barchart.com

Website ini wajib dibookmark oleh Sahabat Koloni karena website ini bisa digunakan untuk melihat harga future berbagai komoditas yang ada. Salah satu harga future komoditas yang paling sering saya liat adalah harga future batubara di bursa komoditas Rotterdam (ICE Rotterdam Coal) dan Newcastle (ICE Newcastle Coal).

3. www.bursamalaysia.com

Website ini wajib dibookmark oleh Sahabat Koloni karena website ini bisa digunakan oleh Sahabat Koloni untuk melihat harga future komoditas kelapa sawit di bursa komoditas Malaysia (FCPO).

Accept Yourself, Your Strengths, Your Weakness, Your Truth And Know What Tools You Have To Fulfill Your Purpose

– STEVE MARABOLL –

Koq cuma 3 aplikasi gratis dan 3 website saja sih, dikit sekali?

Penggunaan 3 aplikasi gratis dan 3 website tersebut cukup untuk digunakan dalam menganalisa sebuah saham. Kalo kita bisa membuat analisa saham kita sesederhana mungkin, maka kita bisa mengambil keputusan lebih cepat dalam melakukan trading saham kita.

Penggunaan 3 aplikasi gratis dan 3 website tersebut juga sudah disesuaikan dengan kondisi saya pribadi dan mungkin sebagian besar Sahabat Koloni yang masih berstatus karyawan di sebuah perusahaan, dimana handphone merupakan sarana utama kita dalam melakukan trading saham dibandingkan PC atau laptop.

Artikel tentang tools yang dipakai oleh Koloni Saham ini akan terus diupdate, jika memang ada tools-tools lain yang bisa kita pakai untuk melengkapi analisa saham kita. Karakteristik tools yang akan dipakai oleh Koloni Saham adalah sederhana, gratis dan mudah digunakan.

Semoga artikel ini bisa membantu dan memberi manfaat sebesar-besarnya untuk kemajuan analisa saham Sahabat Koloni.

Simplify Your Life And Do The Best

See You On The Next Article

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.