Analisa Koloni Saham

Analisa Fundamental Dan Teknikal PT. KMI Wire & Cable (KBLI)

Hello Sahabat Koloni,

Artikel kali ini kita coba analisa PT. KMI Wire & Cable (KBLI) secara fundamental maupun teknikal dengan menggunakan tools yang biasa dipakai oleh Koloni Saham.

Silahkan baca : Tools Yang Dipakai Koloni Saham Dalam Trading Saham

Logo KBLI

PROFILE KBLI

PT. KMI Wire & Cable Tbk (KBLI) didirikan pada tahun 1972 dan berpusat di Jakarta. KBLI mulai tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) di tahun 1992.

KBLI bergerak dalam bidang manufaktur kabel dan kawat listrik, komunikasi dan telekomunikasi, baik terisolasi dan non-terisolasi. KBLI juga memproduksi aksesoris lainnya dan semua jenis kabel, baik terisolasi atau non-terisolasi, suku cadang serta teknik listrik dan komponen kawat.

KBLI merupakan salah satu pemasok kabel listrik ke PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero), serta menjadi pemasok berkualitas kabel telepon untuk PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Perusahaan juga merupakan pemasok kabel utama sektor swasta dan industri, yaitu minyak dan gas, pertambangan, aneka industri dan lainnya, baik secara langsung atau melalui rantai nasional atas distributor dan reseller.

ANALISA FUNDAMENTAL KBLI LK Q2 TAHUN 2017

EPS KBLI

EPS KBLI Naik Signifikan

BV, PER, Dan PBV KBLI

PBV KBLI Naik Seiring Dengan Kenaikan Harga Sahamnya

ROE & ROA

ROE KBLI Diatas 20% Dan ROA KBLI Diatas 15%

Kesimpulan secara Fundamental

Secara Fundamental, kinerja KBLI di Q2 2017 ini sangatlah menarik dan terdapat peluang untuk mendapatkan keuntungan.

  • Laba KBLI mengalami peningkatan Secara signifikan baik secara kuartalan maupun tahunan
  • PER KBLI yang masih tergolong sangat kecil
  • ROE dan ROA yang sangat besar di Q2 ini membuat KBLI sangat menarik untuk di koleksi paling tidak hingga keluarnya laporan keuangan Q3 nanti.
  • Tapi sayangnya harga sahamnya sudah tidak semurah minggu lalu, dimana harga sempat berada di bawah 400. PBV akan terus meningkat seiring dengan kenaikan harga sahamnya.

Catatan kecil : Berdasarkan pengalaman, saham-saham second / third liner dengan ROE diatas 20%, kemungkinan besar PBVnya bisa mencapai 1.5 – 2x.

ANALISA TEKNIKAL KBLI

Teknikal

Gambar Grafik KBLI Tanggal 22 Sept 2017

Kesimpulan secara Teknikal

Secara Teknikal, harga saham KBLI mulai menarik untuk di pantau sejak tanggal 18 Sept 2017 lalu.

  • Harga membentuk Double Bottom ditandai dengan Stochastic Divergen
  • Hari Rabu tanggal 20 Sept 2017 yang lalu, harga berhasil menembus resisten dengan volume besar, mengindikasikan Double Bottom confirm terbentuk.
  • Tapi tampaknya harga akan koreksi dulu, karena tidak bisa menembus MA60 di harga 460 dan garis pada Stochastic mulai menekuk.
  • Kemungkinan besar, harga akan turun menjemput MA21 di harga 420.

Penjelasan singkat :

Sebelumnya saya mau minta maaf terlebih dulu kepada Sahabat-Sahabat Koloni, karena saya baru bisa menerbitkan analisa KBLI pada hari ini, dimana harga KBLI sempat naik secara signifikan hari rabu kemarin hingga menyentuh MA60 di harga 460.

Sebenarnya saya ingin menerbitkan artikel tentang analisa KBLI ini hari Senin kemarin, tapi harus ditunda hingga hari ini karena ada beberapa urusan yang harus diselesaikan.

Saya sempat membeli KBLI di harga yang cukup murah yaitu 400 di hari Senin tanggal 18 Sept 2017 dengan jumlah pembelian yang sedikit.

Rencana saya..

  • Berhubung saya sudah punya posisi di KBLI di harga 400 dan saya bertipe Swing Trader, maka saya akan tetap meng-hold KBLI ini hingga keluarnya laporan keuangan Q3.
  • Tapi jika ternyata harga mencapai TARGET PRICE yang saya tentukan terlebih dulu yaitu di 500 sebelum keluarnya laporan keuangan Q3, maka saya akan tetap menjual seluruh posisi saya di KBLI di harga tersebut.
  • Berhubung posisi saya masih sedikit di KBLI, maka saya berencana untuk menambah posisi lagi di KBLI ini dengan catatan harga tidak turun lebih rendah dari harga pembelian saya dan memantul dari MA21 di harga 420.
  • Saya akan membuang posisi di KBLI ini jika harga ternyata tidak bergerak sesuai dengan harapan saya dan turun hingga terkena STOP LOSS yang saya tentukan.

Catatan Penting : Tetapkan STOP LOSS untuk menjaga modal Sahabat Koloni dan TRAILING STOP untuk menjaga keuntungan yang sudah diraih oleh Sahabat Koloni.

DISCLAIMER ON : Artikel ini berisi catatan trading yang saya tulis sendiri dan tidak ada maksud untuk mengajak membeli atau menjual. Segala keputusan baik beli maupun jual, sepenuhnya berada di tangan Sahabat Koloni sendiri. Pelajari dan pahami resiko dalam trading / investasi saham, sebelum Sahabat Koloni memutuskan membeli dan menjual saham.

Good Luck And Do The Best

See You On The Next Analysis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.