Catatan Belajar Koloni

Pembelajaran Dari Sang Raksasa Konstruksi

Hello Sahabat Koloni,

Beberapa hari lalu, kita sudah menyaksikan bagaimana Raksasa-Raksasa Konstruksi bangkit dari keterpurukkannya selama ini. Begitu menggetarkan, sehingga banyak mata memandang kagum ke arah mereka. Apakah raksasa-raksasa ini benar-benar sudah bangkit atau hanya terbangun sejenak?

construction-391597_1280

Pertama-tama, siapakah Raksasa Konstruksi tersebut?

Ada 4 perusahaan konstruksi yang layak untuk diberikan julukan sebagai Raksasa Konstruksi, yang juga merupakan perusahaan-perusahaan BUMN, karena keberhasilan mereka dalam mendapatkan kontrak-kontrak dengan nilai yang besar dari pemerintah. Ke 4 perusahaan konstruksi tersebut adalah PT. PP Tbk (PTPP), PT. Adhi Karya Tbk (ADHI), PT. Wijaya Karya (WIKA) dan PT. Waskita Karya (WSKT).

Ada salah satu Raksasa Konstruksi yang saya hold sejak beberapa bulan yang lalu dan merupakan salah satu penghuni di Koloni Saham Investasi. Raksasa Konstruksi tersebut bernama WIKA.

Saya mendapatkan banyak pembelajaran dari perjalanan saya bersama WIKA.

This is the story..

Pada beberapa bulan yang lalu, saya pernah beberapa kali mentradingkan saham WIKA dan beberapa kali itu pula saya mendapatkan keuntungan yang cukup baik dari saham WIKA ini. Tapi sayangnya keuntungan beberapa kali tersebut membuat saya melakukan blunder.

Kenapa?

Setelah mendapatkan beberapa kali keuntungan dari mentradingkan saham WIKA, saya menjadi overconfidence terhadap kemampuan saya dalam membaca langkah Sang Raksasa yang satu ini.

Ketika saya melakukan pembelian berikutnya di saham WIKA tersebut, saya langsung membelinya dalam porsi yang lebih besar dari biasanya yang menjadikan bumerang bagi saya sendiri, karena bukan keuntungan yang saya dapat, malah harga terus bergerak turun.

Jujur.. Seharusnya saya STOP LOSS waktu itu paling tidak separuh dari porsinya untuk kemudian melakukan AVERAGE DOWN secara bertahap di saham WIKA ini, tapi sayangnya hal tersebut tidak saya lakukan karena pertimbangan bahwa penurunan saham WIKA hanya akan mentok sampai harga 2000 sebelum naik kembali.

But I’m So Wrong..

Pada kenyataannya, harga saham WIKA turun terus hingga menembus harga 2000 dan akhirnya mentok di harga 1725, sebelum mulai konsolidasi kembali di area 1800 – 1900. Karena saya telah membeli dalam jumlah banyak dan tidak mau STOP LOSS ketika harga turun terus serta tidak melakukan AVERAGE DOWN, membuat saya kehilangan momentum dari reboundnya saham WIKA akhir-akhir ini.

Pembelajaran yang saya dapat :

  • Jangan pernah overconfidence dalam melakukan trading saham, karena jika sedang downtrend, mau saham raksasa sekalipun akan tetap turun. Contoh lainnya adalah saham JSMR tahun lalu.
  • Buat selalu Trading Plan yang mencakup STOP LOSS dan TRAILING STOP serta disiplin melakukannya.
  • Beli secara bertahap untuk saham-saham raksasa yang terbuang.

Now..

Ada 3 opsi yang bisa saya ambil :

  1. Hold hingga saham WIKA nantinya Uptrend lagi.
  2. Menambah sedikit lagi porsi yang sudah ada di saham WIKA ini, ketika harga mengalami koreksi sehat dan mulai konsolidasi kembali di 1800 – 1900.
  3. Mengurangi setengah porsi yang sudah ada di saham WIKA ini untuk kemudian melakukan AVERAGE DOWN, ketika harga mengalami koreksi sehat dan mulai konsolidasi kembali di 1800 – 1900.

Apapun opsi yang akan saya ambil, saya akan melihat situasi dan kondisi yang ada dalam beberapa waktu ke depan sebelum memutuskannya.

Langkah WIKA

Grafik Kronologis Pembelajaran Koloni Saham Di WIKA

Gambar grafik di atas sangat ironi bukan? Bukankah seharusnya saya bisa memanfaatkan rebound di saham WIKA ini dengan melakukan AVERAGE DOWN di area konsolidasinya untuk mendapatkan keuntungan jika saja saya tidak terlalu keras kepala?

Apakah Sang Raksasa ini sudah bangkit kembali atau hanya terbangun? Jawabannya hanya bisa kita liat di beberapa hari ke depan. Biasanya ketika saham sedang mulai bangkit, maka akan selalu diawali dengan kenaikan yang cukup cepat dalam beberapa hari, setelah itu akan mengalami koreksi sehat dan akan mulai konsolidasi lagi di area harga tertentu. Untuk kasus WIKA ini kemungkinan harga akan konsolidasi lagi di area 1800 – 1900.

“Pasar saham selalu menawarkan peluang-peluang dan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan bagi setiap orang yang mau belajar, mau bersabar dan tidak keras kepala.”

 – Koloni Saham

Semoga setelah Sahabat Koloni membaca artikel ini, tidak melakukan kesalahan / blunder yang sama seperti yang saya lakukan di saham WIKA ini. Semua ini akan menjadi pembelajaran yang sangat berharga baik untuk saya pribadi maupun untuk Sahabat Koloni yang membaca artikel ini.

Keep Learning And Be Patient 

See You On The Next Article..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.