Analisa Koloni Saham

ERAA Sedang Berjuang Untuk Rebound, Inikah Saatnya?

Hello Sahabat Koloni,

Di artikel kali ini kita akan coba belajar bersama-sama dengan menggunakan tools yang biasa dipakai oleh saya untuk menganalisa harga sebuah saham. Untuk kali ini kita akan membahas sebuah perusahaan yang bernama PT. Erajaya Swasembada Tbk (ERAA)

 

Logo ERAA

Yuk.. Kita langsung mulai..

Profil Singkat

PT. Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) didirikan tanggal 08 Oktober 1996. Induk usaha ERAA adalah PT Eralink International (memiliki 59,97% saham ERAA), yang didirikan di Indonesia. Sedangkan induk usaha terakhir ERAA adalah Golden Bright Capital Holding Pte. Ltd., Singapura.

ERAA dan anak usaha (Erajaya Group) bergerak di bidang pendistribusian dan perdagangan peralatan-peralatan telekomunikasi (handphone), Voucher untuk handphone dan aksesorisnya serta komputer dan perangkat elektronik lainnya.

Merk-merk terkenal yang bekerjasama dengan ERAA antara lain : Acer, Apple, Asus, BlackBerry, Dell, HTC, Huawei, Lenovo, LG, Motorola, Nokia, Samsung, Sony, dan Xiaomi. Dan melakukan pemasaran sendiri terhadap sebuah merk yaitu Venera yang merupakan produk dari ERAA sendiri. ERAA juga bekerja sama dengan beberapa operator jaringan selular yang sudah cukup dikenal oleh pengguna gadget, yaitu XL, Telkomsel dan Indosat.

ERAA terus mengembangkan jumlah gerai-gerai yang dimilikinya ke berbagai tempat di seluruh daerah di Indoneia. Beberapa gerainya yang sudah cukup dikenal antara lain : Erafone Megastore, gerai iBox dan gerai AndroidNation.

ANALISA TEKNIKAL ERAA

Catatan : Untuk Analisa Teknikal kali ini dan seterusnya, ada pergantian urutan tampilan pada grafik. Kalo biasanya, Grafik Daily yang ditampilkan terlebih dulu, maka sekarang Grafik Weekly yang akan ditampilkan terlebih dulu.

Teknikal Weekly ERAA

Gambar Grafik Weekly ERAA Tanggal 03 Nov 2017

Pada grafik weekly diatas, terlihat bahwa :

  • ERAA terlihat masih Uptrend dengan support kuat berada di 750.
  • Jika ERAA mampu bertahan di harga 750 atau mampu menembus resisten psikologis di 800, maka ada kemungkinan harga akan menguji area resisten psikologis berikutnya di 850 – 900.
  • Harga ERAA ditopang oleh garis pada MA21 dan MA65.
  • Volume naik pada ERAA menandakan bahwa harga saham ERAA sedang berusaha untuk mempertahankan Uptrendnya.
  • Stochastic masih DeathCross tapi terdapat indikasi akan GoldenCross serta Convergen menandakan bahwa adanya usaha keras dari ERAA untuk melakukan rebound.

Teknikal Daily ERAA

Gambar Grafik Daily ERAA Tanggal 03 Nov 2017

Pada grafik daily diatas, terlihat bahwa :

  • Harga sedang berkonsolidasi dalam rentang harga 750 – 800.
  • Jika ERAA mampu menembus resisten psikologis di harga 800, maka ERAA berpeluang untuk menguji area resisten psikologis berikutnya di 850 – 900.
  • ERAA ditopang oleh MA8 di harga 775 dan MA65 di harga 750
  • Volume mengecil menandakan bahwa harga sedang berjuang untuk bertahan di supportnya.
  • Stochastic berindikasi masih GoldenCross dan Convergen serta baru keluar dari daerah oversold menandakan bahwa harga sedang berjuang untuk rebound dari supportnya

ANALISA FUNDAMENTAL SEDERHANA ERAA LK Q3 2017

Laba ERAA

Laba ERAA Naik

PER, PBV, ROE ERAA

PER, PBV, ROE ERAA Cukup Baik

Kesimpulan secara Fundamental

Berdasarkan LK Q3 2017 yang baru saja terbit di RTI Business, Fundamental ERAA mengalamai peningkatan kinerja.

  • Laba ERAA naik secara QoQ dan YoY.
  • PER ERAA < 10X.
  • ROE ERAA cukup baik.
  • PBV ERAA < 1X menandakan bahwa harga ERAA saat ini masih murah karena berada dibawah nilai BV / harga wajarnya.

Penjelasan singkat

Saya membeli ERAA pada hari Kamis tanggal 02 Nov 2017 di harga 790 dengan jumlah yang sama seperti biasanya. Pembelian yang saya lakukan berdasarkan dari analisa Teknikal ERAA dimana harganya memiliki resiko yang mulai terbatas dan analisa Fundamental ERAA pada LK Q3 2017 yang baru saja terbit, dimana terdapat peningkatan kinerja keuangan yang cukup baik.

Rencana saya..

  • Dalam waktu dekat ini, saya akan mencoba menambah sedikit lagi porsi pada ERAA di daerah supportnya. So.. Kita liat saja bagaimana pergerakan harganya minggu depan..
  • STOP LOSS saya pasang dalam kondisi mode ON, untuk menjaga modal saya kalo ternyata harga tidak bergerak sesuai dengan yang diharapkan.
  • Saya akan menjual posisi di ERAA ini, jika 1. Kena STOP LOSS  2. TARGET PRICE saya tercapai dan 3. Ingin SWITCHING saham.

Catatan Penting : Tetapkan STOP LOSS untuk menjaga modal Sahabat Koloni dan TRAILING STOP untuk menjaga keuntungan yang sudah diraih oleh Sahabat Koloni.

DISCLAIMER ON : Artikel ini berisi catatan trading yang saya tulis sendiri dan tidak ada maksud untuk mengajak membeli atau menjual. Segala keputusan baik beli maupun jual, sepenuhnya berada di tangan Sahabat Koloni sendiri. Pelajari dan pahami resiko dalam trading / investasi saham, sebelum Sahabat Koloni memutuskan membeli dan menjual saham.

Good Luck And God Bless You

See You On The Next Analysis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.