Catatan Belajar Koloni

Alasan Dibalik Perjalanan Singkat Koloni Saham Bersama DOID

Hello Sahabat Koloni,

Di Portofolio Koloni Saham sempat tercatat saham emiten PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) di dalamnya. Tapi eksistensinya tidak bertahan lama, DOID pun harus keluar lagi dari Portofolio Koloni Saham, karena setelah pembelian yang Koloni Saham lakukan, harga DOID bergerak tidak sesuai dengan yang diharapkan 2 hari berikutnya.

Pembelian yang dilakukan Koloni Saham terhadap saham DOID beberapa hari lalu sepenuhnya hanya berdasarkan analisa Teknikal, karena secara Fundamental, kinerja DOID di Q2 2017 masih terbilang kurang bagus dan LK Q3 2017 belum terbit hingga artikel ini ditulis.

Transaksi yang begitu singkat dan kerugian yang didapat, memberikan pembelajaran yang sangat berharga bagi Koloni Saham untuk tidak gegabah dalam melakukan pembelian suatu saham. Selain melakukan analisa secara Teknikal diperlukan juga untuk melakukan analisa secara Fundamental terhadap saham tersebut.

Berikut alasan-alasan kenapa perjalanan Koloni Saham dengan DOID bisa berakhir dengan begitu singkatnya :

Teknikal Weekly DOID

Gambar Grafik Weekly DOID Tanggal 03 Nov 2017

Teknikal Daily DOID

Gambar Grafik Daily DOID Tanggal 03 Nov 2017

Setelah Sahabat Koloni melihat ke 2 grafik di atas baik secara weekly maupun daily, apakah Sahabat Koloni sudah dapat mengetahui alasan kenapa saya membeli DOID dan menjualnya kembali 2 hari kemudian?

Kalo belum jelas, saya akan coba mendeskripsikan kronologisnya kepada Sahabat Koloni.

  • Saya membeli DOID pada hari Rabu tanggal 01 Nov 2017 di harga 925 dengan support psikologisnya di 900.
  • Hari Kamis dilalui dengan baik, karena DOID masih berada di atas support psikologisnya di 900.
  • Petaka datang di hari Jumat sore, harga DOID turun dan ditutup hingga menembus support psikologisnya di 900.
  • Indikator-indikator baik dari grafik weekly maupun daily mendukung penembusan support psikologis di 900 ini, seperti : 1. MA8, MA21 dan MA65 pada grafik daily sudah berada di atas harga DOID dan  2. Stochastic weekly dan daily masih memberikan signal DeathCross dan Divergen.

Karena alasan-alasan tersebut di atas yang membuat saya langsung memutuskan untuk keluar dari DOID ini supaya tidak mengalami kondisi dimana modal saya jadi nyangkut di DOID.

Saya keluar dari DOID bukan berarti saya meninggalkan begitu saja DOID ini. Untuk saat ini saya dalam kondisi wait & see di DOID. Jika kondisi DOID secara Teknikal maupun Fundamental menunjukkan perbaikan, tidak menutup kemungkinan saya akan mengambil posisi di DOID lagi.

Artikel ini dibuat sebagai bentuk pembelajaran untuk Sahabat Koloni dan saya pribadi dan bukanlah ajakan untuk menjual DOID, karena bisa saja saya salah atau benar.

Bisa saja ternyata minggu depan, DOID tidak jadi turun malah naik lagi. Kalo itu yang terjadi, berarti saya kurang sabar dan perlu banyak belajar lagi. Dan jika DOID memang benaran turun, maka modal saya sudah aman karena sudah tidak ada posisi di DOID.

Apapun yang terjadi pada DOID di minggu depan, saya tidak dapat memastikannya, tapi saya ingin selalu berusaha untuk merespon setiap pergerakan harga yang terjadi agar sesuai dengan Trade Plan yang saya buat dan berdasarkan data terkini.

“Analis saham bukanlah orang sakti yang bisa membaca dan mengetahui masa depan dari sebuah saham secara pasti. Analis saham hanya berusaha untuk memprediksikan apa yang akan terjadi pada sebuah saham berdasarkan dari data terkini yang tersedia.”

KOLONI SAHAM

Keep Learning And God Bless You

See You On The Next Article

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.