Skip to content
Advertisements

Perjalanan Mendaki Koloni Saham Bersama PTRO

Hello Sahabat Koloni,

Di artikel kali ini kita akan coba belajar bersama-sama dengan menggunakan tools yang biasa dipakai oleh saya untuk menganalisa harga sebuah saham. Untuk kali ini kita akan membahas sebuah perusahaan jasa pertambangan batubara bernama PT. Petrosea Tbk (PTRO).

 

logo_petrosea

 

Yuk.. Kita langsung mulai..

Profil Singkat

PT. Petrosea Tbk (PTRO) merupakan perusahaan di bidang pertambangan, infrastruktur, dan minyak & gas bumi yang telah berpengalaman luas di Indonesia sejak tahun 1972. Keunggulan PTRO adalah pada kemampuan untuk menyediakan jasa pertambangan terpadu pit-to-port, kemampuan rekayasa dan konstruksi yang terintegrasi serta jasa logistik.

PTRO juga menyediakan jasa untuk industri minyak & gas bumi di Indonesia melalui Petrosea Offshore Supply Base (POSB) di Tanjung Batu, Kalimantan Selatan dan Sorong, Papua Barat.

PTRO telah tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1990, dan merupakan Perusahaan terbuka pertama di bidang rekayasa dan konstruksi di Indonesia.

PTRO didukung penuh oleh pemegang saham utamanya, PT Indika Energy Tbk (INDY), yang merupakan perusahaan energi di Indonesia yang menyediakan solusi energi terpadu melalui investasinya di bidang sumberdaya energi, jasa dan infrastruktur.

 

ANALISA TEKNIKAL PTRO

Teknikal Daily & Weekly PTRO
Gambar Grafik Daily & Weekly PTRO Tanggal 10 Nov 2017

Pada kedua grafik daily dan weekly diatas memperlihatkan adanya kesamaan pada trend di PTRO, seperti :

  • PTRO terlihat masih Uptrend kuat.
  • PTRO berhasil menembus area resisten psikologis-nya di 1400 – 1500 dengan kekuatan penuh, sehingga area 1400 – 1500 bukan lagi area resisten psikologis seperti sebelumnya, tapi sekarang berubah menjadi area support psikologis.
  • Volume yang full naik pada PTRO menandakan bahwa penembusan resisten psikologis-nya ini bukanlah false break (atau julukan lainnya ‘PHP‘).
  • Stochastic masih GoldenCross dan Convergen serta mendekati area Overbought menandakan bahwa masih ada kemungkinan PTRO akan melanjutkan kenaikannya hingga garis Stochastic-nya benar-benar di area Overbought.

ANALISA FUNDAMENTAL SEDERHANA PTRO LK Q2 2017

Laba PTRO
Laba PTRO Kurang Baik
PER, PBV, ROE PTRO
PER, PBV, ROE PTRO Kurang Menarik

Kesimpulan secara Fundamental 

LK PTRO di Q3 2017 belum terbit di RTI Business sampai artikel ini dibuat, sehingga kita akan menggunakan LK Q2 2017 sebagai acuan kita dalam menganalisa Fundamental PTRO.

  • Laba PTRO naik secara YoY tapi turun secara QoQ.
  • PER PTRO > 10X.
  • ROE PTRO imut.
  • Meskipun PBV PTRO < 1X bukan berarti harga PTRO saat ini sudah murah. PBV PTRO memang < 1X, tapi karena ROE-nya yang imut dan PER-nya yang besar, maka harga PTRO sudah tergolong mahal.

Penjelasan singkat

Saya membeli PTRO pada hari Selasa tanggal 07 Nov 2017 di harga 1345 dengan jumlah yang sama seperti biasanya. Berhubung karena kinerja PTRO di Q2 2017 kurang baik dan LK Q3 2017 belum terbit di RTI Business, maka pembelian yang saya lakukan hanya berdasarkan dari analisa Teknikal PTRO.

Sedikit tentang kenaikan PTRO 

  1. Kemungkinan disebabkan oleh momentum kenaikan dari induk perusahaan INDY yang cukup signifikan dalam beberapa minggu ini.
  2. Kemungkinan LK PTRO di Q3 2017 yang akan terbit nanti, menunjukkan peningkatan kinerja keuangan yang signifikan.

Thanx God.. Saya berada di tempat dan waktu yang tepat untuk apapun alasan kenaikan PTRO di hari Jumat. Mari kita coba liat, seberapa jauh PTRO akan terus mendaki di minggu depan.

Rencana saya..

  • Berhubung PTRO sudah bergerak naik dengan cepat dan dengan kekuatan yang penuh, maka untuk saat ini saya tidak berencana untuk menambah porsi lagi di PTRO.
  • TRAILING STOP sudah saya pasang dalam posisi mode ON untuk me-maintain profit yang sudah didapat dan hanya menjadi penonton saja saat ini.
  • Saya akan menjual posisi di PTRO ini, jika 1. Kena TRAILING STOP  2. TARGET PRICE saya tercapai dan 3. Ingin SWITCHING saham.

 

Catatan Penting : Tetapkan STOP LOSS untuk menjaga modal Sahabat Koloni dan TRAILING STOP untuk menjaga keuntungan yang sudah diraih oleh Sahabat Koloni.

 

DISCLAIMER ON : Artikel ini berisi catatan trading yang saya tulis sendiri dan tidak ada maksud untuk mengajak membeli atau menjual. Segala keputusan baik beli maupun jual, sepenuhnya berada di tangan Sahabat Koloni sendiri. Pelajari dan pahami resiko dalam trading / investasi saham, sebelum Sahabat Koloni memutuskan membeli dan menjual saham.

Good Luck And God Bless You

See You On The Next Analysis

Advertisements

kolonisaham View All

Seorang karyawan biasa yang berdedikasi untuk terus belajar, trading saham dan berbagi Dunia Saham kepada para Sahabat Koloni.
Bring Us Together.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: