Skip to content
Advertisements

Terlepasnya BCIP Dari Mata Pancing Koloni Saham

Hello Sahabat Koloni,

Pada tanggal 13 Des 2017 lalu, saya harus melepaskan BCIP yang baru saja dibeli dengan teknik Bottom Fishing pada periode 04 – 08 Des 2017 yang lalu karena BCIP mencapai titik STOP LOSS yang telah ditentukan oleh Koloni Saham sebelum melakukan pembelian.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bersama-sama melihat kronologis transaksi yang saya lakukan pada BCIP ini dengan menggunakan gambar grafik.

Silahkan Baca : Catatan Trading Koloni Saham Tanggal 04 – 08 Des 2017

Silahkan Baca : Bottom Fishing Pada BCIP, Sukseskah?

 

1. Grafik Ketika Pembelian

Teknikal Daily & Weekly BCIP
Gambar Grafik Daily & Weekly BCIP Tanggal 08 Des 2017

Pada periode 04 – 08 Des 2017 yang lalu, Koloni Saham membeli BCIP di harga 133 dengan harapan ketika BCIP berada di MA65 yang merupakan support-nya, maka BCIP bisa mantul mencapai resisten-nya di 150 – 160.

2. Grafik Ketika Menjual

Jual BCIP
Gambar Grafik Daily BCIP Tanggal 13 Des 2017

Ternyata BCIP tidak bergerak sesuai dengan harapan dimana harganya terus turun hingga menembus support-nya. Ketika harga menyentuh titik STOP LOSS yang sudah ditentukan di Trading Plan Koloni Saham pada tanggal 13 Des 2017, maka saya harus segera CUT LOSS BCIP untuk membatasi kerugian yang saya derita.

3. Grafik Terkini Tanggal 15 Des 2017

Grafik Daily BCIP Tanggal 15 Des 2017
Gambar Grafik Daily BCIP Tanggal 15 Des 2017

Setelah 2 hari sejak melakukan CUT LOSS pada BCIP, ternyata harga BCIP mampu rebound dari bottom-nya dan sempat menyentuh 140an, sebelum ditutup di harga 134 pada tanggal 15 Des 2017.

Menurut Sahabat Koloni, dimanakah letak kesalahan dari transaksi BCIP ini? Apakah pada waktu melakukan pembelian atau penjualannya?

Setelah saya melakukan evaluasi lagi terhadap transaksi yang saya lakukan pada BCIP ini, ternyata saya menemukan bahwa saya melakukan kesalahan di saat melakukan pembelian, bukan di saat melakukan penjualan.

Saya terlalu cepat dalam mengambil keputusan untuk membeli BCIP ini, karena signal untuk membeli BCIP masih lemah waktu itu. But it’s oke.. Kita bisa selalu belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah kita buat, agar kita bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan serupa di masa yang akan datang.

Jujur.. Saya sendiri tidak tau BCIP akan bergerak kemana minggu depan, mungkin bisa naik terus, turun terus atau malah mendatar. Kemanapun pergerakan BCIP minggu depan, saya berharap Sahabat Koloni, baik yang masih punya maupun yang akan membeli BCIP ini, membuat dulu Trading Plan secara mendetail dan menjalankannya dengan disiplin.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya baik untuk saya maupun Sahabat Koloni yang membaca artikel ini agar kita bersama-sama bisa belajar memperbaiki dan meminimalisir terjadinya kesalahan-kesalahan serupa di masa yang akan datang.

Keep Trying, Learning And Never Give Up..

See You On The Next Lesson

 

 

 

 

 

Advertisements

kolonisaham View All

Seorang karyawan biasa yang berdedikasi untuk terus belajar, trading saham dan berbagi Dunia Saham kepada para Sahabat Koloni.
Bring Us Together.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: