Skip to content
Advertisements

BRPT Terjatuh Dan Terkena Jaring Pengaman

Hello Sahabat Koloni,

Pada Tanggal 19 Des 2017 kemarin, saya harus menjual BRPT yang merupakan penghuni terlama yang ada di Portofolio Koloni Saham. Penjualan ini dilakukan karena harga BRPT turun terus hingga terkena Jaring Pengaman (TRAILING STOP) yang sudah ditebar sebelumnya.

Sejak pertama kali membeli BRPT, Jaringan Pengaman pada BRPT ini sempat dinaikkan statusnya dari STOP LOSS menjadi TRAILING STOP. Dan TRAILING STOP tersebut pun sempat dinaikkan beberapa kali untuk mengikuti kenaikan harga sahamnya.

Silahkan Baca : Review Portofolio Koloni Saham Tanggal 11 – 15 Des 2017

Untuk lebih jelasnya. mari sekarang kita liat melalui gambar grafik ketika BRPT terkena Jaring Pengaman tersebut di tanggal 19 Des 2017 dan 1 hari setelah terjualnya BRPT di tanggal 20 Des 2017.

1. Gambar Grafik BRPT Ketika Terkena Jaringan Pengaman

Teknikal Daily & Weekly BRPT 19 Des 2017

Pada gambar grafik tersebut dapat kita lihat bahwa, sejak pertama kali BRPT ini dibeli (di AVERAGE BUY 2013.89), harganya terus menanjak dan selalu memantul dari MA8-nya hingga mencapai puncak berikutnya di 2450.

Sayangnya pada tanggal 19 Des 2017, BRPT tidak kuat untuk melanjutkan kenaikkannya, tapi malah turun terus hingga menembus MA8 dan sempat menembus support psikologis-nya di 2300, walaupun akhirnya harga BRPT ditutup di atas 2300. Saat itulah jaringan pengaman ini berfungsi untuk melindungi keuntungan yang sudah didapat.

2. Gambar Grafik BRPT 1 Hari Setelah Penjualan

Teknikal Daily & Weekly BRPT 20 Des 2017
Gambar Grafik Daily & Weekly BRPT Tanggal 20 Des 2017

Ternyata jaringan pengaman tersebut berfungsi dengan baik, karena harga BRPT pada tanggal 20 Des 2017 (1 hari setelah penjualan) melanjutkan penurunannya hingga menembus MA8 Dan MA21 pada grafik daily-nya dan berhenti tepat di MA8 pada grafik weekly-nya.

Penentuan apakah BRPT akan lanjut naik atau turun akan ditentukan oleh pergerakan harganya dalam beberapa hari yang akan datang. So.. Mari kita coba lihat bagaimana perkembangan harga BRPT selanjutnya.

Pembelajaran..

Penebaran Jaring Pengaman baik STOP LOSS maupun TRAILING STOP sebelum melakukan pembelian sangatlah penting, karena kita tidak pernah tau harga sebuah saham akan bergerak kemana setelah kita melakukan pembelian.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah kita harus mau melakukan eksekusinya secara disiplin. Jika harga sebuah saham sudah terkena Jaring Pengamannya baik STOP LOSS atau TRAILING STOP, maka kita harus berusaha untuk melepasnya.

Mungkin saja harga BRPT keliatannya sedang COOLING DOWN sementara saat ini, karena Fundamental pada BRPT masih keliatan baik-baik saja walaupun tidak terlalu istimewa dan harganya pun masih keliatan Uptrend dalam jangka panjang, tapi kita tidak pernah bisa tau secara pasti apakah BRPT memang sedang mengalami COOLING DOWN sementara atau akan terjadi perubahan trend.

Silahkan Baca : Kinerja BRPT Di Q3 2017

Dengan melakukan penjualan ketika BRPT terkena Jaring Pengamannya (TRAILING STOP), maka saya mendapatkan 2 keuntungan, yaitu : 1. Saya lebih tenang secara psikologi dan mental, karena sudah sesuai dengan Trade Plan yang telah dibuat. 2. Saya mempunyai uang cash untuk melakukan buyback di BRPT ketika resiko harganya sudah terbatas, membeli saham lain yang lebih potensial atau menambah porsi pada saham-saham yang ada di Portofolio Koloni Saham.

Semoga dengan dibuatnya artikel ini, kita bisa belajar bersama-sama tentang betapa pentingnya membuat Trade Plan sebelum melakukan pembelian terhadap sebuah saham dan mau disiplin menjalankannya agar trading saham yang kita lakukan bisa menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Failing To Plan Is Planning To Fail..

See You On The Next Lesson

 

 

 

Advertisements

kolonisaham View All

Seorang karyawan biasa yang berdedikasi untuk terus belajar, trading saham dan berbagi Dunia Saham kepada para Sahabat Koloni.
Bring Us Together.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: