Analisa Koloni Saham

Saham Energi Ini Mulai Merangkak Naik, Tinggikah?

Hello Sahabat Koloni,

Di artikel kali ini kita akan coba belajar bersama-sama dengan menggunakan tools yang biasa dipakai oleh saya untuk menganalisa harga sebuah saham. Untuk kali ini kita akan membahas sebuah perusahaan energi bernama PT. Medco Energi International Tbk (MEDC).

Logo MEDC

Yuk.. Kita langsung mulai..

Profil Singkat

PT. Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) berdiri pada tanggal 09 Juni 1980 dan mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 13 Desember 1980

Ruang lingkup kegiatan MEDC antara lain, eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi, dan aktivitas energi lainnya, usaha pengeboran darat dan lepas pantai, serta melakukan investasi (langsung dan tidak langsung) pada anak usaha.

ANALISA TEKNIKAL MEDC

Teknikal Daily & Weekly MEDC Tanggal 22 Des 2017

Gambar Grafik Daily & Weekly MEDC Tanggal 22 Des 2017

Pada grafik daily dan weekly, terlihat bahwa :

MEDC masih Uptrend dan sedang berusaha untuk mantul dari support kuatnya di 850, ditandai dengan terjadinya penembusan resisten kecil di 885 dengan volume cukup besar. sedangkan area resisten psikologis-nya berada di area 935 – 1000.

CATATAN :

Grafik weekly mempunyai time frame jangka menengah dengan pergerakan harga yang lebih halus dan enak untuk dilihat. sedangkan grafik daily mempunyai time frame jangka pendek dengan pergerakan harga yang lebih dinamis dan banyak terdapat jebakan-jebakan ‘Batman’. So.. Perhatikan grafik weekly terlebih dahulu sebelum melihat grafik daily.

ANALISA FUNDAMENTAL SEDERHANA MEDC LK Q2 2017

Laba MEDC

Laba MEDC Naik

PER, PBV, ROE MEDC

PER & PBV Imut

Kesimpulan secara Fundamental 

Berhubung LK MEDC di Q3 2017 belum terbit di RTI Business hingga artikel ini di tulis. maka kita akan memakai LK MEDC di Q2 2017 sebagai acuan untuk menganalisa Fundamental secara sederhana pada MEDC.

  • Laba MEDC mengalami penurunan sedikit secara QoQ dan meningkat secara YoY.
  • PER MEDC sangat imut.
  • ROE MEDC >15% dan cukup baik.
  • PBV MEDC sangat imut, yaitu < 0.5x, menandakan bahwa harga MEDC tergolong ssangat murah karena PBV < 0.5x berarti harganya masih berada jauh di bawah BV / harga wajarnya.

Penjelasan singkat

Saya membeli MEDC pada hari Jumat tanggal 22 Des 2017 di harga 865 dengan jumlah pembelian seperti biasanya. Berhubung LK MEDC Q3 2017 hingga kini belum terbit di RTI Business, maka pembelian yang saya lakukan terhadap MEDC ini sepenuhnya berdasarkan pada analisa Teknikal, dimana harganya mulai mantul dari support-nya.

Silahkan Baca : Catatan Trading Koloni Saham Tanggal 18 – 22 Des 2017

Rencana saya..

  • Untuk saat ini, saya tidak akan menambah lagi porsi di MEDC , karena saya sudah merasa cukup dengan porsi yang saya miliki sekarang.
  • STOP LOSS sudah saya pasang dalam posisi mode ON untuk menjaga modal saya di MEDC tersebut, jika ternyata analisa saya salah.
  • Saya akan menjual posisi di MEDC ini, jika 1. Kena STOP LOSS  2. TARGET PRICE saya tercapai dan 3. Ingin SWITCHING saham.

 

Catatan Penting : Tetapkan STOP LOSS untuk menjaga modal Sahabat Koloni dan TRAILING STOP untuk menjaga keuntungan yang sudah diraih oleh Sahabat Koloni.

DISCLAIMER ON : Artikel ini berisi catatan trading yang saya tulis sendiri dan tidak ada maksud untuk mengajak membeli atau menjual. Segala keputusan baik beli maupun jual, sepenuhnya berada di tangan Sahabat Koloni sendiri. Pelajari dan pahami resiko dalam trading / investasi saham, sebelum Sahabat Koloni memutuskan membeli dan menjual saham.

Good Luck And God Bless You

See You On The Next Analysis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.