Skip to content
Advertisements

Catatan Akhir Tahun 2017 Koloni Saham

Hello Sahabat Koloni,

landscape-2389023_1280

Tidak terasa kita sudah ada di penghujung tahun 2017 dan sekaranglah waktunya bagi kita untuk mengevaluasi kinerja dari trading saham yang sudah kita lakukan selama tahun 2017 terebut.

Koloni Saham sudah melakukan trading saham secara aktif selama 3 bulan terakhir (Oktober, November dan Desember) di tahun 2017 ini. Dan banyak pembelajaran-pembelajaran penting yang didapat oleh Koloni Saham dalam kurun waktu 3 bulan tersebut.

Yuk.. Sekarang mari kita liat bagaimana kinerja trading saham Koloni Saham di bulan Desember 2017 dan perbandingan pertumbuhan modal & portofolio dengan kinerja IHSG selama 3 bulan terakhir.

Kinerja Koloni Saham Bulan Desember 2017

Kinerja Bulanan Des 2017
Gambar 1. Kinerja Bulanan Desember 2017

Pada bulan Desember 2017, modal Koloni Saham hanya bertumbuh sebesar 0.3% dan melakukan 1 kali kesalahan, yaitu terlalu lambat melakukan STOP LOSS pada SOCI. Kinerja Koloni Saham pada bulan Desember 2017 mengalami penurunan dibanding bulan sebelum-sebelumnya. Hal ini dikarenakan Koloni Saham tidak banyak melakukan penjualan terhadap saham-saham di Portofolio Koloni Saham.

Grafik Pertumbuhan Modal Koloni Saham Vs Kinerja IHSG

Grafik Kinerja Vs IHSG sd Des 2017
Gambar 2. Grafik Pertumbuhan Modal Koloni Saham VS IHSG
Grafik Kinerja Vs IHSG 2017
Gambar 3. Grafik Pertumbuhan Modal Koloni Saham VS IHSG 2017

Pada bulan Oktober & November 2017 lalu, pertumbuhan modal Koloni Saham masih berada diatas kinerja IHSG, tapi sayangnya tidak demikian dengan bulan Desember 2017, dimana IHSG mengalami kenaikan yang cukup tinggi di 2 minggu terakhir bulan Desember 2017 dan bahkan mampu melampaui pertumbuhan modal Koloni Saham selama 3 bulan terakhir (Oktober, November dan Desember).

Grafik Portofolio Koloni Saham Vs Kinerja IHSG

Grafik Portofolio Vs IHSG sd Des 2017
Gambar 4. Grafik Portofolio Koloni Saham VS Kinerja IHSG

Selain pertumbuhan modal Koloni Saham yang mengalami penurunan hingga di bawah kinerja IHSG, ternyata Portofolio Koloni Saham pada bulan Desember 2017 pun mengalami hal yang sama. Hal ini dikarenakan Koloni Saham banyak melewatkan peluang yang ada dan saham-saham yang ada di Portofolio Koloni Saham belum banyak bergerak seperti dalam 2 bulan sebelumnya (Oktober & November).

Faktanya :

Penurunan baik kinerja maupun Portofolio Koloni Saham terjadi karena saham-saham yang di hold merupakan saham-saham second liner dari berbagai sektor yang ada, terutama sektor Finance

Sedangkan yang membawa IHSG naik adalah saham-saham Bluechip yang naik dengan meyakinkan di 2 minggu terakhir bulan Desember 2017, terutama dari sektor Finance.

Jika Sahabat Koloni perhatikan saham-saham yang ada di Portofolio Koloni Saham kebanyakan berasal dari sektor Finance, maka prediksi Koloni Saham sebenarnya sudah hampir tepat, hanya saja salah dalam memilih komponen sahamnya.

“This Is Not The End But Just A Beginning”

Untuk itu Koloni Saham akan terus berfokus memperbaiki dan memodifikasi sistem trading saham yang sudah ada agar bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Pelajaran yang Koloni Saham dapatkan kali ini :

  1. Eksekusi Trading Plan secara disiplin.
  2. Jangan terbelenggu oleh teori dan harapan palsu.
  3. Flexible dalam menghadapi kedinamisan dunia saham.
  4. Perhatikan siklus yang terjadi di dalam dunia saham.

Dengan membuat catatan tentang keuntungan dan kerugian serta kesalahan-kesalahan dalam pengambilan keputusan Koloni Saham, diharapkan bisa menjadi pelajaran penting baik bagi Koloni Saham sendiri maupun para Sahabat Koloni yang membaca artikel ini agar tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama di masa yang akan datang.

Learning, Process And Result..

See You On The Next Month

 

Advertisements

kolonisaham View All

Seorang karyawan biasa yang berdedikasi untuk terus belajar, trading saham dan berbagi Dunia Saham kepada para Sahabat Koloni.
Bring Us Together.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: