Catatan Belajar Koloni

Langkah Panjang BNGA Terkena Jaring Pengaman

Hello Sahabat Koloni,

Di awal tahun 2018 ini, pergerakan BNGA cukup berfluktuasi. Penurunan BNGA yang terjadi selama beberapa hari yang lalu terhenti dan pada hari ini tanggal 04 Januari 2018, BNGA mengalami rebound dengan Candlestick yang cukup panjang.

Dan pada tanggal 04 Januari 2018 tersebut pulalah, Koloni Saham melepaskan BNGA di harga 1300 dengan beberapa alasan yang menjadi dasar pemikirannya.

Sebelum pemaparan alasan-alasan dibalik penjualan BNGA pada hari ini, mari kita sama-sama liat terlebih dulu gambar grafik pada BNGA.

Teknikal Daily & Weekly BNGA IV (Final)

Gambar Grafik Daily & Weekly BNGA Tanggal 04 Januari 2018

Setelah melihat gambar grafik pada BNGA di atas, maka alasan penjualan yang dilakukan oleh Koloni Saham adalah sebagai berikut :

  1. Rebound yang terjadi pada BNGA pada hari ini tidak disertai dengan volume yang besar, bahkan lebih kecil dibandingkan volume ketika terjadi penurunan.
  2. Stochastic pada grafik daily memang terlihat sedang GoldenCross tapi Stochastic pada grafik weekly terlihat sudah nyaris menyentuh garis overbought dan mulai menekuk.
  3. Terkena TRAILING STOP yang ditentukan oleh Koloni Saham, yaitu di area 1300 – 1330.
  4. SWITCHING saham. Berhubung sektor batubara sedang hot, maka Koloni Saham memutuskan untuk menjual dulu BNGA dan menggantikannya dengan satu atau 2 saham dari sektor batubara tersebut.

Alasan-alasan di atas merupakan alasan-alasan yang diambil dari sudut pandang Koloni Saham dalam melihat pergerakan harga BNGA. Mungkin Sahabat Koloni memiliki sudut pandang yang berbeda dengan Koloni Saham dalam melihat pergerakan harga BNGA tersebut.

Saran saya bagi Sahabat Koloni yang masih memiliki BNGA di portofolionya :

  • Tetap disiplin pada Trading Plan yang telah dibuat dan jangan terlena dengan harapan-harapan palsu.
  • Menurut Koloni Saham, area 1300 – 1330 merupakan support psikologis yang cukup kuat. Jika BNGA kuat bertahan di area tersebut, maka harga akan mencoba menguji resisten berikutnya di area 1400 – 1440.

Tapi apapun yang terjadi pada pergerakan harga BNGA tersebut ke depannya, tidak ada yang bisa memastikan secara 100% tepat. Kita hanya bisa melakukan analisa pergerakan harga BNGA dengan menggunakan data-data yang tersedia pada saat ini.

Semoga artikel ini bisa menjadi bahan pembelajaran baik bagi Koloni Saham sendiri maupun bagi Sahabat Koloni yang membacanya, agar pengalaman dan pengetahuan trading saham kita bisa bertambah serta meningkat dari waktu ke waktu.

Good Luck & Do The Best..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.