Catatan Awal Koloni

2 Kunci Penting Dalam Melakukan Trading Saham

Hello Sahabat Koloni,

Melakukan trading saham bisa membuat seorang trader menjadi lelah secara mental dan pikirannya. Jika mental dan pikirannya sudah lelah, maka sudah barang tentu trading saham yang akan dilakukannya pun menjadi tidak fokus.

Ketika kelelahan secara mental dan pikiran ini sudah melanda, maka bukan profit yang akan didapat, tapi loss yang akan diderita secara terus menerus.

Lho koq bisa?

Tentu saja bisa.. Yang paling melelahkan dari melakukan trading saham sebenarnya bukanlah pada saat menganalisa sebuah saham, tapi ketika melihat saham-saham lain naik begitu cepat, tapi saham-saham yang kita miliki justru tidak ikut naik seperti saham-saham tersebut.

Ketika ini terjadi, maka keinginan kita untuk melakukan bongkar pasang terhadap saham-saham yang ada di portofolio akan semakin tinggi dan memperbesar kemungkinan kita untuk mengejar sebuah saham yang harganya sudah naik terlalu banyak. Tentunya hal ini dapat memperbesar resiko loss dibandingkan reward profit.

key-951785_1280

Untuk meminimalisir hal tersebut di atas, ada 2 kunci penting yang wajib dimiliki oleh seorang trader ketika akan melakukan aktifitas trading sahamnya.

Apa 2 kunci penting tersebut? Mari kita bahas..

1. Kesabaran

“Jika Sahabat Koloni menabur benih yang baik di ladang yang subur dan di waktu yang tepat, maka Sahabat Koloni akan memanen hasilnya cepat atau lambat.”

– KOLONI SAHAM –

Terkadang kita mengharapkan bahwa ketika kita melakukan pembelian terhadap sebuah saham, maka harga saham tersebut bisa langsung naik tinggi lalu menjualnya. Kemudian melakukan pembelian lagi terhadap saham yang lainnya dan mengharapkan hal yang sama seperti transaksi sebelumnya.

Mungkin 1 atau 2 kali, saham yang kita beli bisa langsung naik tinggi, tapi pada kenyataannya banyak saham yang kita beli memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk bisa naik lebih tinggi dari harga pembelian kita, bukan?

Oleh karena itu dibutuhkan kesabaran baik ketika kita akan membeli atau menjual saham. Jika Sahabat Koloni melakukan pembelian terhadap sebuah saham yang merupakan ladang yang baik dan di waktu yang tepat pula untuk menumbuhkan modal Sahabat Koloni, maka hanya kesabaran yang diperlukan oleh Sahabat koloni untuk bisa memanen hasilnya cepat atau lambat.

2. Disiplin

“Analisa saham merupakan suatu kegiatan untuk memprediksi pergerakan harga sebuah saham di masa yang akan datang.”

– KOLONI SAHAM –

Berhubung kita hanya bisa memprediksi pergerakan harga sebuah saham di masa yang akan datang dan tidak bisa memastikannya, maka prediksi yang kita lakukan bisa saja salah. Oleh karena itu kita membutuhkan sebuah perencanaan yang baik ketika ternyata prediksi yang kita lakukan salah.

Disiplin dalam melakukan eksekusi perencanaan yang telah kita buat, diharapkan dapat menjaga modal yang kita miliki dan keuntungan yang telah kita dapat ketika prediksi yang kita lakukan ternyata salah.

– KOLONI SAHAM –

Sejujurnya.. Membuat artikel tentang kesabaran dan disiplin ini jauh lebih mudah dibandingkan kalo kita mempraktekkannya langsung  di pasar saham. Kita membutuhkan latihan terus menerus agar ke 2 kunci penting ini bisa menjadi karakter kita dalam melakukan trading saham.

Jika Sahabat Koloni merupakan pembaca setia artikel-artikel yang ada di Koloni Saham, maka Sahabat Koloni pasti mengetahui bahwa Koloni Saham pun sedang berjuang dan belajar untuk lebih sabar dan disiplin dalam melakukan trading saham.

Kumpulan artikel di catatan belajar saham tersebut bisa menjadi bahan pembelajaran bagi Sahabat Koloni, karena kumpulan artikel tersebut berisikan tentang kesalahan-kesalahan dan kurangnya kedisiplinan yang kerapkali dilakukan oleh Koloni Saham dalam melakukan aktifitas trading sahamnya.

Tujuan dari artikel ini dan kumpulan artikel yang ada di catatan belajar saham tersebut adalah agar baik Koloni Saham sendiri maupun Sahabat Koloni yang membacanya tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang sama dan bisa terus meningkatkan cara melakukan trading sahamnya.

Koloni Saham berharap agar Sahabat Koloni bisa menjadi seorang trader yang independent dan bisa mendapatkan profit yang konsisten dari waktu ke waktu.

I Hope The Best For You..

 

Advertisements

2 replies »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.