Skip to content
Advertisements

Perasaan Dilema Seorang Trader Saham

Hello Sahabat Koloni,

Sering mengalami dilema dalam mengambil keputusan?

Pengambilan sebuah keputusan harus dilakukan oleh setiap manusia yang hidup di dunia ini. Keputusan-keputusan tersebut bisa bersifat rutinitas atau menyangkut kesehariannya maupun yang menyangkut masa depan orang tersebut.

Begitu juga di dalam melakukan trading saham, setiap hari Sahabat Koloni akan dihadapkan banyak sekali kegiatan pengambilan keputusan yang harus dilakukan dan dapat berujung pada perasaan dilema.

Perasaan dilema dalam melakukan trading saham disebabkan oleh adanya pertanyaan-pertanyaan keraguan yang muncul di dalam pikiran Sahabat Koloni sebelum mengambil keputusan untuk membeli atau menjual sebuah saham.

dollar-789114_1280

Apakah salah merasakan dilema tersebut?

Sebenarnya merasakan dilema sangatlah wajar.. Selama Sahabat Koloni bisa merespon perasaan dilema tersebut dengan positif dan tidak mempengaruhi objektifitas dari pengambilan keputusan yang akan Sahabat Koloni lakukan.

Tapi perasaan dilema tersebut menjadi tidak wajar, jika setelah muncul perasaan dilema tersebut, malah membuat Sahabat Koloni tidak berani untuk mengambil sebuah keputusan.

Berikut ini contoh-contoh pertanyaan-pertanyaan yang dapat menimbulkan perasaan dilema berdasarkan dari pengalaman yang didapat oleh Koloni Saham selama melakukan trading saham.

1. Saat Ingin Membeli

Biasanya setelah Koloni Saham sudah menganalisa sebuah saham dan ingin membeli saham tersebut, maka akan muncul pertanyaan dalam diri Koloni Saham :

  • Benar atau tidak yah cara menganalisa sahamnya?
  • Apa harganya sudah bagus atau belum yah?
  • Gimana kalo sudah dibeli, harganya malah turun terus?
  • Kata si A saham A bagus dan kata si B saham B yang bagus. Jadi mau beli yang mana nih?

2. Saat Ingin Menjual

Begitu juga ketika Koloni Saham akan menjual saham pegangan Koloni Saham, maka akan muncul juga beberapa pertanyaan di dalam diri Koloni Saham :

  • Masih bisa naik lebih tinggi lagi atau tidak yah?
  • Cuma koreksi sehat doang kali yah? Besok-besok juga naik lagi.
  • Perlu CutLoss ga nih? Nanti di CutLoss, harganya malah rebound.
  • Jual atau tidak yah? Berita-berita yang ada jelek semua nih.

Mungkin pertanyaan-pertanyaan yang muncul bisa berbeda-beda antara 1 individu dengan individu lainnya, tapi pertanyaan-pertanyaan di atas adalah pertanyaan-pertanyaan yang umumnya akan mucul dalam pikiran setiap orang sebelum mengambil sebuah keputusan dalam trading saham.

Ketika pertanyaan-pertanyaan itu muncul, pastinya akan sangat membingungkan bagi Sahabat Koloni, terutama bagi Sahabat Koloni pemula.

But the good news is.. Seiring dengan bertambahnya jam terbang dan pengalaman Sahabat Koloni dalam melakukan trading saham, biasanya pertanyaan-pertanyaan yang muncul akan dapat direspon oleh Sahabat Koloni dengan baik, sehingga perasaan dilema pun akan semakin berkurang dari waktu ke waktu.

Mungkin ada beberapa tips yang bisa Koloni Saham bagikan kepada Sahabat Koloni, seperti :

  1. Percaya pada analisa yang Sahabat Koloni buat
  2. Buat trading plan yang detail
  3. Eksekusi trading plan secara disiplin
  4. Jangan terlalu banyak melihat running trade
  5. Jangan mudah terombang ambing
  6. Tetap bersabar
  7. Rajin belajar, dan
  8. Selalu bersyukur

Silahkan Baca Juga Artikel Sebelumnya :

2 Kunci Penting Dalam Melakukan Trading Saham

Apakah Mudah Melakukannya?

Jawabannya sama sekali tidak.. Tidak ada yang mudah tapi mungkin untuk dilakukan selama ada komitmen untuk menjalankan ke 8 tips di atas secara konsisten.

Sampai dengan artikel ini selesai ditulis, Koloni Saham pun masih terus berjuang dan belajar untuk meningkatkan mental dan psikologi dalam melakukan trading saham.

Semoga artikel ini dapat membantu Sahabat Koloni mengatasi perasaan dilema yang mungkin sering dirasakan oleh Sahabat Koloni sebelum mengambil sebuah keputusan membeli atau menjual sebuah saham.

Learn To Be The Best..

Advertisements

kolonisaham View All

Seorang karyawan biasa yang berdedikasi untuk terus belajar, trading saham dan berbagi Dunia Saham kepada para Sahabat Koloni.
Bring Us Together.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: