Skip to content
Advertisements

Awal Perjalanan Yang Baik Di Tahun 2018

Hello Sahabat Koloni,

dardan-mu-268794-unsplash
Photo by Dardan Mu on Unsplash

Koloni Saham telah melakukan trading saham selama 2 bulan pertama di tahun 2018 ini dengan sangat baik dan berhasil memperoleh profit secara konsisten dari trading saham tersebut.

Selain profit secara konsisten, Koloni Saham juga mendapatkan beberapa pembelajaran yang cukup penting untuk meningkatkan kualitas trading sahamnya di bulan-bulan berikutnya.

Yuk.. Sekarang mari kita liat bagaimana kinerja trading saham Koloni Saham di bulan Januari & Februari 2018 dan perbandingan pertumbuhan modal & portofolio dengan kinerja IHSG selama 2 bulan ini.

 

Kinerja Koloni Saham Bulan Jan & Feb 2017

Kinerja Jan & Feb 2018
Gambar No. 1 Kinerja Bulanan Jan & Feb 2018

Pada Gambar No. 1 di atas, Sahabat Koloni dapat melihat bahwa kinerja Koloni Saham di 2 bulan pertama tahun 2018 masih dalam trend yang positif, dimana :

  1. Pada bulan Januari 2018, modal Koloni Saham hanya bertumbuh sebesar 4.1% dengan 1 kesalahan, yaitu terlalu cepat melakukan SWITCHING saham pada KBLI.
  2. Pada bulan Februari 2018, modal Koloni Saham bertumbuh lagi sebesar 5.6% dengan 1 kesalahan, yaitu terlalu lambat melakukan STOP LOSS pada SRIL.

Puji Tuhan.. Walaupun telah terjadi beberapa kesalahan-kesalahan dalam pengambilan keputusan selama 2 bulan pertama tahun 2018 ini, Koloni Saham masih mampu untuk mempertahankan pertumbuhan modalnya di trend yang positif.

Semoga kinerja yang baik ini dapat terus berlanjut hingga ke bulan-bulan berikutnya.

 

Grafik Pertumbuhan Modal Koloni Saham Vs Kinerja IHSG

Modal VS IHSG
Gambar 2. Grafik Pertumbuhan Modal Koloni Saham VS IHSG

Pada Gambar No. 2 di atas, terlihat bahwa pertumbuhan modal baik di bulan Januari maupun Februari berada di atas kinerja IHSG secara konsisten.

 

Grafik Portofolio Koloni Saham Vs Kinerja IHSG

Portofolio VS IHSG
Gambar 3. Grafik Portofolio Koloni Saham VS Kinerja IHSG

Pada Gambar No.3 di atas, terlihat bahwa Portofolio Koloni Saham pun masih konsisten berada di atas kinerja IHSG selama bulan Januari & Februari. Hal ini dapat terjadi karena Koloni Saham masih mempertahankan beberapa saham yang memang sedang Uptrend dan melepaskan saham-saham yang tidak seseuai lagi dengan analisa dan harapan Koloni Saham.

 

Faktanya :

Kenaikan IHSG di bulan Januari lalu cukup luar biasa, dimana IHSG telah berhasil mencetak All Time High. Tapi sayangnya begitu memasuki pertengahan bulan Februari, IHSG mulai kehabisan tenaga untuk naik dan kembali berkonsolidasi.

Pergerakan IHSG yang sedang berkonsolidasi tersebut tentunya bisa membuat kita bingung dalam melakukan trading saham. Di saat-saat seperti inilah sistem trading saham kita akan benar-benar diuji ketangguhannya dan Puji Tuhan.. Koloni Saham telah berhasil melewatinya dengan baik.

Saham-saham yang berada di Portofolio Koloni Saham selama bulan Januari & Februari 2018 merupakan saham-saham pilihan yang berasal dari beberapa sektor yang berbeda-beda dan mempunyai 1 kesamaan, yaitu potensi reward harus lebih besar dibandingkan resikonya.

Kelemahan yang paling mencolok dan kerapkali dilakukan oleh Koloni Saham selama 2 bulan tersebut adalah pemilihan waktu yang kurang tepat ketika melakukan penjualan dan SWITCHING saham.

So.. Untuk meminimalisir kelemahan-kelemahan tersebut terjadi lagi di masa yang akan datang, maka diperlukan sebuah usaha yang ekstra untuk melakukan modifikasi terhadap sistem trading saham yang sudah ada sekarang.

 

Pelajaran yang Koloni Saham dapatkan hingga artikel ini dibuat adalah :

  1. Eksekusi Trading Plan secara disiplin.
  2. Jangan terbelenggu oleh teori dan harapan palsu.
  3. Flexible dalam menghadapi kedinamisan dunia saham.
  4. Perhatikan siklus yang terjadi di dalam dunia saham.
  5. Perlu memiliki kesabaran dan mental yang tangguh.
  6. Jangan mudah terprovokasi dengan pendapat-pendapat orang lain dan berita-berita yang ada

Dengan membuat catatan tentang keuntungan dan kerugian serta kesalahan-kesalahan dalam pengambilan keputusan Koloni Saham, diharapkan bisa menjadi pelajaran penting baik bagi Koloni Saham sendiri maupun para Sahabat Koloni yang membaca artikel ini agar tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama di masa yang akan datang.

Learning, Process And Result..

 

Advertisements

kolonisaham View All

Seorang karyawan biasa yang berdedikasi untuk terus belajar, trading saham dan berbagi Dunia Saham kepada para Sahabat Koloni.
Bring Us Together.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: