Skip to content
Advertisements

IHSG Terperosok, Stay Calm & Focus..

Hello Sahabat Koloni,

Selama periode 05 – 09 Mar 2018 ini, IHSG mengalami penurunan yang cukup dalam dan kondisi ini tentunya membuat sebagian besar Sahabat Koloni, termasuk Koloni Saham sendiri, menjadi khawatir.

Tak ayal lagi, kondisi IHSG tersebut ikut menyeret turun hampir semua saham yang ada di dalam portofolio kita, karena saham-saham yang kita punyai merupakan anggota dari IHSG.

johnny-brown-498571-unsplash
Photo by Johnny Brown on Unsplash

Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya?

Untuk dapat melihat dan menentukan pergerakan IHSG selanjutnya, maka diperlukan sikap yang netral dan menggunakan logika yang jernih agar baik Sahabat Koloni maupun Koloni Saham dapat melakukan analisa secara lebih objektif.

Dalam menganalisa pergerakan IHSG selanjutnyaKoloni Saham akan menggunakan pendekatan secara Teknikal, karena lebih mudah dan cepat dalam melakukan analisanya.

Teknikal IHSG

Teknikal Daily & Weekly IHSG I
Gambar Grafik Daily & Weekly IHSG Tanggal 09 Mar 2018

Berikut ini merupakan penjelasan tentang kondisi IHSG berdasarkan Teknikal-nya tersebut :

  • Setelah mengalami penguatan yang luar biasa selama beberapa bulan sejak akhir tahun lalu, tampaknya kenaikan IHSG tersebut sudah menampakkan puncaknya.
  • Puncak dari kenaikan IHSG tersebut, ditandai dengan munculnya 2 puncak di akhir kenaikan IHSG (munculnya Pola Double Top).
  • Hal tersebutlah yang mengindikasikan bahwa IHSG akan mengalami koreksi selama beberapa waktu hingga akhirnya mentok di support-nya, yaitu 6300 (MA65).

Nah ada 2 skenario dari pergerakan IHSG yang akan terjadi selanjutnya :

  1. Jika ternyata IHSG mengalami rebound dan ditutup di atas 6500, maka Pola Double Top yang dikhawtirkan akan terjadi menjadi tidak valid dan bisa kembali menuju ke 6600.
  2. Tapi jika ternyata IHSG terus turun hingga menembus support-nya di 6300, maka Pola Double Top pada pergerakan IHSG menjadi valid. Jika skenario no. 2 ini yang terjadi selanjutnya, maka Sahabat Koloni perlu meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian dalam melakukan trading saham.

– KOLONI SAHAM –

Rencana Koloni Saham :

  1. Tidak terburu-buru dalam melakukan pembelian saham baru dan penjualan saham yang ada di Portofolio Koloni Saham.
  2. Menambah cash untuk persiapan menambah porsi di saham-saham lama atau membeli saham-saham baru yang memiliki potensi besar untuk naik.
  3. Tetap fokus terhadap Trade Plan yang sudah dibuat dengan melepaskan saham-saham lama yang kurang produktif dan meng-hold saham-saham yang masih Uptrend.
  4. Tetap waspada dalam menghadapi setiap perubahan yang terjadi di pasar saham.

Mungkin saat ini sebagian besar Sahabat Koloni sedang dirudung oleh perasaan bingung dan galau dalam melakukan trading sahamnya. Kondisi IHSG saat ini dapat menyebabkan saham yang baru saja dibeli oleh Sahabat Koloni harus di jual kembali dalam posisi yang merugi.

But It’s Oke.. Rugi bukanlah hal yang perlu ditakutkan tapi merupakan awal yang baik untuk dijadikan sebagai pembelajaran Sahabat Koloni dalam melakukan trading sahamnya. Jangan khawatir berlebihan dan tetap disiplin terhadap Trade Plan yang sudah dibuat

Semoga artikel ini dapat membantu Sahabat Koloni untuk memahami pergerakan IHSG yang belakangan ini turun cukup dalam dan mengkhawatirkan. Tetap santai dan fokus dalam menghadapi setiap masalah yang ada, terutama dalam melakukan trading saham.

Stay Calm & Focus..

 

Advertisements

kolonisaham View All

Seorang karyawan biasa yang berdedikasi untuk terus belajar, trading saham dan berbagi Dunia Saham kepada para Sahabat Koloni.
Bring Us Together.

2 thoughts on “IHSG Terperosok, Stay Calm & Focus.. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: