Analisa Koloni Saham

Arah Pergerakan IHSG Selanjutnya

Hello Sahabat Koloni,

Bagaimana arah dari pergerakan IHSG selanjutnya? Apakah akan naik atau turun?

Setelah IHSG sempat mengalami penurunan yang cukup dalam hingga di akhir bulan Maret 2018 Lalu, tampaknya memasuki bulan April 2018 ini pergerakan IHSG sudah mulai agak lebih tenang, walaupun masih dibayang-bayangi oleh adanya “kemungkinan” untuk turun kembali.

Banyak sentimen yang negatif baik dari global maupun lokal yang mempengaruhi pergerakan dari IHSG. Oleh karena itu, pergerakan IHSG terlihat masih terasa berat untuk bisa kembali naik dan mencetak new high lagi dalam waktu dekat ini.

g-crescoli-364214-unsplash

Photo by G. Crescoli on Unsplash

So.. Bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya?

Sebelum memulai membaca artikel ini, sebaiknya Sahabat Koloni membaca dulu artikel sebelumnya di sini :

IHSG Terperosok, Stay Calm & Focus..

Dalam menganalisa pergerakan IHSG selanjutnyaKoloni Saham akan menggunakan pendekatan secara Teknikal, karena lebih mudah dan cepat dalam melakukan analisanya.

Teknikal IHSG

Teknikal Daily & Weekly IHSG II UPD

Gambar Grafik Daily & Weekly IHSG Tanggal 13 Apr 2018

Berikut ini merupakan penjelasan tentang kondisi IHSG berdasarkan Teknikal-nya tersebut :

  • Setelah mengalami penurunan yang cukup dalam dari harga tertingginya di 6700 hingga 6100 dan pola Double Top pun sudah terkonfirmasi, maka pergerakan IHSG sekarang boleh dikatakan lebih tenang.
  • Sejak awal bulan April 2018 hingga saat ini, IHSG berkonsolidasi di 2 rentang yang berbeda, yaitu 1. Part One 6250 – 6350 dan 2. Part Two 6100 – 6250.
  • Pergerakan IHSG hingga saat ini masih bisa dikatakan cukup baik dan sehat, karena konsolidasi yang terjadi pada IHSG terlihat bertingkat.

Nah ada 3 skenario dari arah pergerakan IHSG selanjutnya, yaitu :

  1. Part One terbentuk di rentang 6250 – 6350. Jika IHSG mengalami penurunan hingga 6250 dan mengalami rebound serta ditutup di atas 6350, maka IHSG masih dalam trend naik.
  2. Part Two terbentuk di rentang 6100 – 6250. Jika IHSG mengalami penurunan hingga ditutup di bawah 6250 dan tidak bisa rebound, maka IHSG masih dalam trend mendatar.
  3. Yang paling mengkhawatirkan adalah jika IHSG ternyata menembus support di Part Two, yaitu 6100, maka IHSG masih dalam trend turun.

– KOLONI SAHAM –

Saran Koloni Saham :

IHSG dapat memberikan gambaran besar dari pergerakan seluruh saham yang berada di dalamnya, khususnya saham-saham BlueChip dengan kapitalisasi besar yang pergerakannya sangat berpengaruh terhadap IHSG, tapi IHSG itu sendiri tidak dapat menentukan arah pergerakan dari masing-masing saham tersebut.

Oleh karena itu, tetaplah fokus terhadap pergerakan masing-masing saham, baik yang sedang di hold maupun yang akan dibeli.

Cara Melakukan trading saham di saat IHSG seperti ini adalah :

  1. Membeli saham dengan resiko yang sudah sangat terbatas dan menawarkan reward yang lebih besar dari resikonya (min 2x dari resikonya).
  2. Melepaskan saham-saham yang telah mencapai TARGET PRICE-nya dan saham-saham yang ternyata pergerakannya sudah tidak sesuai lagi dengan analisa yang telah dibuat (disiplin dengan STOP LOSS dan TARGET PRICE / TRAILING STOP).
  3. Meng-hold saham-saham yang masih mempunyai potensi besar untuk naik.

Semoga artikel ini dapat membantu Sahabat Koloni untuk membuat perencanaan dalam menghadapi pergerakan IHSG yang masih terlihat kurang kondusif hingga saat ini.

Be Brave And Discipline..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.