Analisa Koloni Saham

Perbankan Bangkit, Saham Bank Ini Layak Diperhatikan

Hello Sahabat Koloni, 

pexels-photo-351264

Photo By Expect Best On Pexel

Beberapa hari belakangan ini, sektor perbankan terutama para saham BlueChip-nya mulai mengalami kebangkitan dari keterpurukannya selama ini. Kebangkitan dari sektor perbankan inilah yang membawa IHSG dapat menembus resisten kuatnya di 6000.

Setelah para saham BlueChip di sektor perbankan naik secara signifikan sejak minggu lalu, Koloni Saham memperhatikan bahwa ada saham bank second liner belum bergerak terlalu banyak, seperti PNBN dan BNGA.

PNBN dan BNGA tersebut mempunyai ukuran perusahaan yang hampir sama, begitu juga dengan pergerakan harga sahamnya. Tapi untuk kali ini, Koloni Saham lebih tertarik pada BNGA.

Mau tau alasan dan pertimbangannya? Di artikel ini, Koloni Saham akan mencoba membagikannya. So.. Simak artikel ini dan semoga berguna untuk Sahabat Koloni.

Oke.. Kita langsung mulai saja analisanya..

Logo BNGA

 

1. TEKNIKAL BNGA

Dalam melakukan analisa Teknikal, Koloni Saham akan selalu melihat Medium Term (grafik weekly) terlebih dahulu untuk melihat trend dari sebuah saham, karena grafik weekly terlihat lebih halus dan lebih jelas pergerakan harganya. Sedangkan Short Term (grafik daily) digunakan oleh Koloni Saham untuk melakukan eksekusi membeli atau menjual. So.. Jangan terbalik yah.. 🙂

Teknikal Daily & Weekly BNGA I

Gambar Grafik Daily & Weekly BNGA Tanggal 28 Mei 2018

Secara Teknikal, BNGA layak dipetimbangkan, karena :

  • Pada grafik weekly, BNGA memang terlihat sedang dalam fase Downtrend Medium Term, tapi melihat perkembangan BNGA dalam beberapa minggu yang lalu, ada indikasi penurunan / Downtrend-nya tertahan di area harga 900 – 1000.
  • Pada grafik daily, BNGA mengalami peningkatan harga, tapi masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa BNGA telah kembali Bullish. Ada “kemungkinan” BNGA akan memasuki fase sideway dulu sebelum benar-benar Bullish kembali.
  • Indikator-indikator pendukung lainnya, memberikan indikasi atau signal bahwa BNGA akan mengalami sideway dulu untuk sementara waktu sebelum melanjutkan kenaikannya kembali.

Rating Teknikal (1-5) : 3 (sedang mencoba rebound tapi ada indikasi bahwa BNGA akan memasuki fase sideway terlebih dulu)*

 

2. FUNDAMENTAL BNGA LK Q1 2018

Kinerja BNGA Di Q1 2018

Kinerja BNGA Di Q1 2018

Secara Fundamental, BNGA ini layak dipertimbangkan, karena :

  • Laba BNGA naik secara YoY dan laba tahunannya belum bisa dipastikan, tapi masih terlihat baik.
  • PER BNGA 7.54X, masih di bawah 10X dan cukup bagus
  • PBV BNGA 0.70X, masih di bawah 1X dan cukup bagus
  • ROE BNGA 9.30%, masih cukup baik

Rating Fundamental (1-5) : 4 (BNGA masih membukukan kinerja yang baik di Q1 2018 ini)*

Catatan Rating Teknikal & Fundamental* :

1. Very Bad, 2. Bad, 3. Fair, 4. Good, 5. Very Good 

 

Rencana Koloni Saham :

  1. Berhubung stok saham pada Portofolio Koloni Saham sudah ada 8 saham dan uang cash pun sudah habis, maka jika Koloni Saham ingin membeli BNGA, harus ada min 1 saham yang dijual (SWITCHING saham).
  2. Menurut Koloni Saham, area Best Buy BNGA berada di area 900 – 1000. Jika Koloni Saham bisa mendapatkan BNGA di range tersebut, maka resiko yang ditanggung sangat kecil dan reward yang bisa di dapat sangat besar.
  3. Tapi ada “kemungkinan” BNGA tidak akan kembali lagi ke level di bawah 1000. Jika kenyataannya seperti itu, maka area buy terakhir ada di 1000 – 1050. Di area ini resiko yang ditanggung masih kecil dan reward yang bisa di dapatkan masih besar.
  4. Untuk melakukan pembelian di BNGA ini, Koloni Saham akan mencoba untuk bersabar dan melakukannya secara bertahap. BNGA ini pun bisa dikategorikan kurang likuid, pergerakan naik atau turun bisa terjadi secara cepat.

 

Mungkin Sahabat Koloni mempunyai pandangan yang berbeda dengan Koloni Saham tentang saham ini. tapi paling tidak saham ini bisa menjadi pilihan tambahan buat Sahabat Koloni ketika semua saham perbankan sudah naik tinggi.

Catatan Penting : Tetapkan STOP LOSS untuk menjaga modal Sahabat Koloni dan TRAILING STOP untuk menjaga keuntungan yang sudah diraih oleh Sahabat Koloni.

DISCLAIMER ON : Artikel ini berisi catatan trading yang saya tulis sendiri dan tidak ada maksud untuk mengajak membeli atau menjual. Segala keputusan baik beli maupun jual, sepenuhnya berada di tangan Sahabat Koloni sendiri. Pelajari dan pahami resiko dalam trading / investasi saham, sebelum Sahabat Koloni memutuskan membeli dan menjual saham.

Good Luck And God Bless You

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.