Catatan Belajar Koloni

Rencana Dan Pembelajaran Trading Saham Di ELSA

Hello Sahabat Koloni,

glenn-carstens-peters-190592-unsplash

Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Koloni Saham membeli ELSA pada periode 18 – 21 Mei 2018 yang lalu, dengan pembelian dalam jumlah yang sedikit. Tapi sayangnya pergerakan ELSA sekarang sudah tidak sejalan lagi dengan analisa yang dilakukan oleh Koloni Saham sebelumnya.

Jujur.. Koloni Saham melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan untuk membeli ELSA karena terlalu terburu-buru dan terlalu euforia ketika melihat harga minyak dunia yang dalam trend naik di beberapa waktu yang lalu.

Oleh karena itu, Koloni Saham akan mencoba untuk secepatnya memperbaiki kesalahan yang telah dibuat sejak awal dengan membuat beberapa perencanaan, sehingga modal Koloni Saham di ELSA tetap terjaga dan tidak terlalu tergerus oleh penurunan ELSA yang terjadi di beberapa hari belakangan ini.

Mau tau rencana Koloni Saham di ELSA tersebut? Silahkan simak artikel ini hingga selesai dan semoga berguna bagi Sahabat Koloni yang membacanya.

Here we go..

Analisa Teknikal

Teknikal Daily & Weekly ELSA IIA

Gambar Grafik Daily & Weekly ELSA Tanggal 04 Juni 2018

Seperti yang terlihat pada gambar grafik di atas, maka kronologis ELSA :

  • Di beberapa waktu yang lalu, ELSA sempat rebound dari support-nya di 400 hingga menyentuh 450. Pada saat itulah Koloni Saham memutuskan untuk membeli ELSA di 442, karena pergerakan ELSA masih sejalan dengan kenaikan harga minyak dunia di kala itu.
  • Tapi sayangnya setelah menyentuh 450 dan ditambah harga minyak dunia yang berbalik arah, maka ELSA terlihat kehabisan tenaga untuk bisa naik lagi dan mengalami penurunan hingga menembus support-nya di 400 pada hari ini
  • Tapi kalo dilihat dari volume secara weekly, maka penurunan ELSA tersebut tidak disertai dengan peningkatan volume yang besar.
  • Dan secara Stochastic daily & weekly-nya, sudah memasuki area OverSold.

 

Skenario :

  1. Jika ELSA terus mengalami penurunan harga, maka support selanjutnya berada di 350 (grafik weekly MA65).
  2. Jika ELSA mampu rebound, maka rebound-nya pun belum akan terlalu kuat karena harga minyak dunia kelihatannya masih terkoreksi.
  3. ELSA bergerak mendatar / Cooling Down.

 

Rencana Koloni Saham :

  1. Koloni Saham akan mencoba untuk melepaskan (STOP LOSS) ELSA di harga terbaiknya saat ini untuk meminimalisir kerugian yang akan diterima oleh Koloni Saham.
  2. Koloni Saham berencana untuk menggunakan uang hasil dari STOP LOSS ELSA nantinya untuk membeli saham baru atau menambah porsi pembelian di saham-saham yang sudah ada.
  3. Kalo Koloni Saham ingin membeli kembali ELSA, maka Koloni Saham akan menantikannya di harga 350 (support selanjutnya).

 

Pembelajaran :

Jangan terburu-buru dalam mengambil sebuah keputusan untuk melakukan pembelian terhadap sebuah saham yang sedang Downtrend.

 

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya baik bagi Sahabat Koloni maupun Koloni Saham sendiri dalam melakukan trading sahamnya.

Good Luck And Do The Best..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.