Catatan Trading Koloni

Bulan-Bulan Penuh Dengan Perjuangan Dan Pembelajaran

Hello Sahabat Koloni,

riaan-myburgh-29693-unsplash

Photo by Riaan Myburgh on Unsplash

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa IHSG mengalami penurunan di bulan Maret 2018 lalu dan mulai mulai membaik di 2 bulan berikutnya, yaitu April dan Mei 2018.

Pergerakan IHSG di 3 bulan terakhir yang kurang baik ini tentunya berimbas negatif juga terhadap saham-saham yang ada di dalamnya, terutama saham-saham yang sedang di-hold oleh Koloni Saham.

Sehingga Koloni Saham pun terpaksa harus menjual rugi beberapa saham diantaranya, karena harga dari saham tersebut sudah menyentuh titik STOP LOSS yang telah ditentukan sebelumnya.

Tapi ada beberapa saham yang masih dipertahankan oleh Koloni Saham hingga artikel ini dibuat karena menurut Koloni Saham, saham-saham tersebut masih mempunyai pergerakan harga dan kinerja yang masih sangat baik.

Berikut ini perkembangan kinerja Koloni Saham selama 3 bulan terakhir dari bulan Maret hingga Mei 2018 :

Kinerja Koloni Saham Bulan Mar – Mei 2018

Kinerja Mar - Mei 2018

Gambar No. 1 Kinerja Bulanan Mar – Mei 2018

Pada Gambar No. 1 di atas, Sahabat Koloni dapat melihat bahwa kinerja Koloni Saham selama bulan Mar – Mei 2018 bergerak menurun , dimana :

  1. Pada bulan Maret 2018, meskipun Koloni Saham melakukan beberapa kesalahan dan STOP LOSS selama bulan Maret ini, namun modal Koloni Saham masih bisa bertumbuh sebesar 4.6%.
  2. Pada bulan April 2018, perjuangan Koloni Saham baru saja dimulai, dimana Koloni Saham terpaksa harus melakukan STOP LOSS di sebagian besar saham yang ada di Portofolio Koloni Saham, sehingga modal Koloni Saham pun mengalami penurunan sebesar -1.3%.
  3. Pada bulan Mei 2018, perjuangan Koloni Saham mencapai puncaknya, karena walaupun di bulan ini Koloni Saham melakukan STOP LOSS lebih sedikit dibandingkan bulan sebelumnya, namun kerugian yang dialaminya meningkat. Modal Koloni Saham pun mengalami penurunan sebesar -2.8% di bulan ini.

Melakukan STOP LOSS atau menjual rugi sebuah saham yang sedang kita pegang, sangatlah tidak mudah. I mean.. Sapa sih yang mau mengalami kerugian? Tapi sayangnya hal tersebut perlu dilakukan untuk tetap menjaga modal yang ada agar aktifitas trading sahamnya tidak terganggu.

Koloni Saham percaya bahwa walaupun pada saat ini kinerja Koloni Saham tampak kurang baik, namun akan banyak sekali kesempatan dan peluang untuk bisa kembali mendapatkan keuntungan di dunia saham, asalkan Koloni Saham mampu untuk tetap menjaga modal trading sahamnya.

 

Grafik Pertumbuhan Modal Koloni Saham Vs Kinerja IHSG

Modal VS IHSG Mar - Mei 2018

Gambar 2. Grafik Pertumbuhan Modal Koloni Saham VS IHSG

Pada Gambar No. 2 di atas, terlihat bahwa pertumbuhan modal Koloni Saham di bulan Maret dan April 2018 bergerak menurun, namun masih berada di atas kinerja IHSG. Tapi sayangnya di bulan Mei 2018 ketika kinerja IHSG berangsur-angsur membaik, pertumbuhan modal Koloni Saham malah semakin menurun hingga berada di bawah kinerja IHSG.

 

Grafik Portofolio Koloni Saham Vs Kinerja IHSG

Portofolio VS IHSG Mar - Mei 2018

Gambar 3. Grafik Portofolio Koloni Saham VS Kinerja IHSG

Pada Gambar No.3 di atas, terlihat bahwa Portofolio Koloni Saham pun masih berada di atas kinerja IHSG selama bulan Maret hingga Mei 2018, karena kebijakan yang diambil oleh Koloni Saham dimana menjual saham-saham yang sudah menyentuh titik STOP LOSS-nya dan mempertahankan saham-saham yang pergerakannya masih cukup baik serta masih sesuai dengan analisa yang dilakukan oleh Koloni Saham.

 

Faktanya :

Penurunan yang terjadi pada IHSG selama 3 bulan terakhir ini dan dampaknya terhadap seluruh saham yang ada di dalamnya, termasuk saham-saham yang sedang di-hold oleh Koloni Saham, tidak bisa dihindari.

Alih-alih menghindarinya, Koloni Saham memutuskan untuk menghadapinya dengan melakukan beberapa penyesuaian dan perbaikan dalam mengambil sebuah keputusan untuk Buy, Sell atau Hold sebuah saham.

Be honest.. Selama hampir 1 tahun Koloni Saham menjadi independent trader, baru kali ini Koloni Saham menghadapi situasi dimana IHSG mengalami penurunan yang cukup dalam dan untuk jangka waktu yang cukup lama.

Momen ini mungkin terasa sangat membingungkan dan mengkhawatirkan bagi mungkin sebagian besar Sahabat Koloni dan Koloni Saham sendiri, namun momen ini bisa juga kita manfaatkan untuk mengasah kemampuan kita masing-masing dalam melakukan trading saham ketika IHSG sedang mengalami penurunan seperti sekarang iini.

Keinginan untuk belajar ketika semuanya keliatan baik-baik saja tidak akan memberikan pengaruh apa-apa, namun keinginan untuk belajar ketika semuanya keliatan buruk akan menjadikan kita seorang pemenang.

 

Pelajaran yang Koloni Saham dapatkan hingga artikel ini dibuat adalah :

  1. Eksekusi Trading Plan secara disiplin.
  2. Jangan terbelenggu oleh teori dan harapan palsu.
  3. Flexible dalam menghadapi kedinamisan dunia saham.
  4. Perhatikan siklus yang terjadi di dalam dunia saham.
  5. Perlu memiliki kesabaran dan mental yang tangguh.
  6. Jangan mudah terprovokasi dengan pendapat-pendapat orang lain dan berita-berita yang ada.
  7. Jangan mengambil keputusan secara terburu-buru karena terpengaruh dengan euforia yang ada di dunia saham.

Dengan membuat catatan tentang keuntungan dan kerugian serta kesalahan-kesalahan dalam pengambilan keputusan Koloni Saham, diharapkan bisa menjadi pelajaran penting baik bagi Koloni Saham sendiri maupun para Sahabat Koloni yang membaca artikel ini agar tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama di masa yang akan datang.

Learning, Process And Result..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.