DREAMS KOLONI

Mimpi Koloni Saham Ingin Jadi Full Time Trader

Hello Sahabat Koloni,

Sapa diantara Sahabat Koloni yang ingin menjadi Full Time Trader?

Angan-angan untuk bisa melakukan trading saham dan menghasilkan pendapatan di rumah, lebih banyak waktu dengan keluarga dan tidak ingin direpotkan oleh urusan kantor yang ngejelimet, tentunya menjadi keinginan bagi sebagian besar Sahabat Koloni, termasuk Koloni Saham sendiri.

rawpixel-com-561415-unsplash

Photo By rawpixel.com On PEXELS

Long time ago.. Sekitar 8 tahun yang lalu, sebenarnya Koloni Saham sudah pernah mencoba untuk melakukan trading saham secara Full Time. Di kala itu, dengan semangat 45 dan tanpa ilmu yang mumpuni serta perencanaan yang matang, Koloni Saham memberanikan diri untuk resign dari kantor dan terjun langsung ke dalam dunia saham secara Full Time.

Memang melakukan trading saham secara Full Time terlihat begitu menyenangkan dan mudah untuk dilakukan, but believe me.. kenyataannya tidaklah semenyenangkan dan segampang yang dibayangkan sebelumnya.

Kenapa?

Karena ada 2 hal yang penting namun luput untuk dibuat perencanaan secara matang oleh Koloni Saham sebelum terjun menjadi Full Time Trader. Ke 2 hal tersebut adalah :

  1. Ilmu Koloni Saham tentang trading saham di kala itu masih sangat minim sekali, sehingga menyebabkan hasil dari trading sahamnya sering sekali menderita kerugian.
  2. Tidak merencanakan dan mempersiapkan dana untuk memenuhi kebutuhan rutin bulanan diluar dari modal yang memang sudah disiapkan untuk trading saham.

Melakukan trading saham secara Full Time dengan ilmu yang minim tentunya membawa tekanan psikologis tersendiri bagi Koloni Saham, karena alih-alih ingin mendapatkan keuntungan yang konsisten setiap bulannya, malah kerugian demi kerugian yang dideritanya.

Ditambah lagi dengan keharusan untuk memenuhi kebutuhan rutin bulanan Koloni Saham. Di kala trading saham belum menghasilkan, salah satu cara untuk membayar kebutuhan rutin bulanannya adalah dengan mengambil dari modal yang seharusnya untuk melakukan trading saham.

Setelah menjalani profesi sebagai Full Time Trader selama 6 bulan, tekanan psikologis yang dialami Koloni Saham semakin berat dan modalnya pun semakin tergerus, menyebabkan Koloni Saham harus akui bahwa telah salah mengambil keputusan dengan resign dari kantor dan langsung terjun sebagai Full Time Trader tanpa perencanaan yang matang.

Apakah mimpi Koloni Saham untuk menjadi Full Time Trader terhenti di saat itu?

Be honest.. Pada kala itu jawabannya iya.. Koloni Saham pun sempat vakum beberapa tahun lamanya, sebelum memutuskan untuk terjun kembali ke dunia saham sekitar 3 tahun yang lalu. Tapi kali ini Koloni Saham melakukan trading sahamnya sembari bekerja di kantor.

Selama 3 tahun tersebut, mimpi Koloni Saham untuk menjadi Full Time Trader kembali mencuat dan semakin menguat. Namun kali ini, Koloni Saham tidak mau mengulangi lagi kesalahan yang pernah dilakukannya sebelumnya dan membuat perencanaan yang lebih matang lagi untuk mewujudkan mimpinya tersebut.

Beberapa poin penting yang harus dipertimbangkan dan direncanakan secara matang oleh Koloni Saham, antara lain :

1. Belajar

Selama 3 tahun terakhir ini, Koloni Saham secara intens belajar dan menambah terus ilmu trading sahamnya, dengan cara membaca banyak blog-blog saham dan mengikuti beberapa komunitas saham yang berkualitas serta mempraktekkan langsung ilmu yang telah didapatnya di pasar saham.

Koloni Saham pun tidak segan-segan untuk bereksperimen (walau kadang kerugian yang didapat) agar cara dan teknik trading saham yang dilakukan oleh Koloni Saham dapat sesuai dengan kepribadian dan kemampuannya sendiri.

Tujuan Koloni Saham secara terus menerus belajar dan berekperimen tersebut adalah untuk terus meningkatkan kapasitasnya sebagai seorang trader saham yang bisa mencetak profit secara konsisten di berbagai kondisi pasar saham.

2. Jam Terbang

Seorang pilot sebuah pesawat terbang akan di bayar mahal jika memiliki jam terbang yang banyak dalam menerbangkan pesawat, bukan? Atau seorang dokter spesialis yang jam belajarnya lebih lama tentunya akan dibayar lebih mahal dibandingkan dokter umum yang jam belajarnya lebih sedikit, bukan?

Demikian juga dengan seorang trader saham tentunya.. Untuk menjadi seorang trader yang handal dan bisa mendapatkan keuntungan yang konsisten, maka diperlukan jam terbang / pengalaman yang banyak pula.

Koloni Saham berusaha untuk terus menambah jam terbang / pengalaman trading sahamnya baik di kala pasar saham sedang trend naik, turun ataupun mendatar. Dan diharapkan setelah jam terbang / pengalaman trading sahamnya sudah banyak, maka Koloni Saham bisa meminimalisir kesalahan pengambilan keputusan dalam melakukan trading sahamnya dan dapat beradaptasi secara cepat terhadap kondisi terbaru dari pasar saham

3. Dana Untuk Kebutuhan Rutin Bulanan

Kesalahan Koloni Saham di 8 tahun yang lalu sangat erat kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan rutin bulanan ini, sehingga kini Koloni Saham menaruh perhatian khusus terhadap pemenuhan kebutuhan rutin bulanan tersebut ketika nanti Koloni Saham memutuskan untuk kembali resign dari kantor dan menjalani kembali profesi sebagai Full Time Trader.

Walaupun terkadang sulit, namun Koloni Saham berusaha untuk terus menerus secara konsisten melakukan penambahan dana baik di tabungan maupun deposito agar terkumpul sejumlah dana yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan rutin bulanan Koloni Saham minimal untuk 1 tahun lamanya.

Tujuan pembentukan dana ini adalah untuk meringankan beban / tekanan psikologis Koloni Saham. Jika trading saham yang dilakukan Koloni Saham ketika menjadi Full Time Trader masih belum menghasilkan ataupun sedang merugi, maka setidaknya kebutuhan rutin bulanannya sudah bisa terpenuhi dengan dana tersebut.

4. Dana Darurat

Dana darurat ini sebenarnya merupakan dana yang dapat digunakan untuk mem-backup aktifitas trading saham Koloni Saham ketika sedang merugi atau memenuhi kebutuhan-kebutuhan mendadak lainnya.

Karena sifat dari dana darurat ini berbeda dengan dana untuk kebutuhan rutin bulanan, maka nominal besarannya pun menjadi fleksibel. Biasanya dana untuk kebutuhan rutin bulanan mempunyai nominal yang hampir sama setiap bulannya, sedangkan nominal besaran untuk dana darurat ini agak sulit untuk ditentukan.

Tujuan dari pembentukan dana darurat ini adalah agar tersedia dana tambahan untuk modal melakukan trading saham di kala sedang merugi dan tidak mengganggu dana yang diperuntukkan membayar kebutuhan rutin bulanan.

5. Modal

Modal merupakan sebuah komponen yang sangat penting jika ingin menjalankan sebuah bisnis. Langkah sebuah bisnis akan sangat ditentukan oleh seberapa besar hasil yang bisa didapat dengan modal yang tersedia dan seberapa kuat ketahanan modal dapat menopang sebuah bisnis di saat situasi ekonomi sedang tidak baik.

Melakukan trading saham menurut Koloni Saham sama halnya dengan melakukan bisnis. Tujuan Koloni Saham ingin melakukan trading saham secara Full Time adalah untuk mendapatkan pendapatan rutin setiap bulan dengan besaran nominal yang sama atau lebih besar dari pengeluaran untuk kebutuhan rutin bulanan.

Ilustrasi perhitungannya sebagai demikian :

Jika Koloni Saham membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan rutin bulanan setiap bulannya sebesar 10 juta, maka dengan target profit sebesar 5% tiap bulannya akan dibutuhkan modal sebesar 200 juta.

Tentunya nominal kebutuhan rutin bulanan tidak dapat diubah-ubah semaunya karena pemenuhan kebutuhan rutin bulanan merupakan keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar, namun besaran modal dan target profit masih bisa berubah.

Semakin besar modal yang tersedia, maka target profit tiap bulannya pun masih bisa diturunkan. Dan semakin tinggi kemampuan Koloni Saham untuk mencetak profit tiap bulannya, maka target profit bisa dinaikkan dan jumlah modalnya pun bisa diturunkan.

6. Pendapatan Lain

Pendapatan lain-lain yang dimaksud oleh Koloni Saham adalah pendapatan yang bisa didapatkan oleh Koloni Saham dari bisnis lain selain dari trading saham.

Koloni Saham merasa perlu untuk mengusahakan pendapatan lainnya ini karena dengan mendapatkan pendapatan lain selain dari trading saham yang sedang dilakukan dapat meringankan beban / tekanan psikologis seorang Full Time Trader.

Kondisi pasar saham tidak selalu bergerak sesuai dengan analisa dan harapan Koloni Saham dan bahkan tidak ada seorangpun yang dapat memastikan pergerakannya di masa yang akan datang. Sehingga jika sewaktu-waktu pasar saham mengalami penurunan dalam jangka waktu yang lama dan tidak bisa mendapatkan profit, maka pendapatan dari bisnis di luar trading saham tersebutlah yang akan memenuhi kebutuhan rutin bulanan Koloni Saham tiap bulannya.

———- KOLONI SAHAM ———-

Tidak mudah memang membuat dan menyelesaikan semua perencanaan di atas dengan sempurna, karena dalam kehidupan selalu saja ada hal-hal atau kejadian-kejadian buruk yang dapat menghambat laju sebuah usaha yang sedang dibangun.

Tidak mudah tapi mungkin sekali untuk dilakukan. Semua kembali lagi kepada individunya masing-masing, seberapa kuat passion dan mimpinya tersebut. Karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya.

Koloni Saham tidak tau kapan mimpi menjadi Full Time Trader ini bisa terwujud, mungkin bisa 2 tahun lagi atau mungkin bisa lebih lama dari yang diharapkan (maunya sih 2 tahun lagi.. hehehe), tapi yang terpenting Koloni Saham akan tetap berusaha dan menyerahkan hasilnya kepada Tuhan.

Jika Tuhan merestui dan mengijinkan Koloni Saham untuk mewujudkan mimpinya ini, maka Koloni Saham percaya bahwa Tuhan akan memberikan jalannya.

Semoga artikel ini dapat berguna dan dapat memberikan masukan untuk Sahabat Koloni yang mungkin sedang berpikir untuk resign dari kantor dan ingin menjadi Full Time Trader.

Keep Dreaming And Do The Best..

Advertisements

Categories: DREAMS KOLONI

Tagged as:

2 replies »

    • Hhahaha.. iya sih someone.. ga ada salahnya kerja sambil trading jadi bisa dpt double income, tapi mang mimpi saya dari dulu untuk ga kerja terus di kantor.. mau jadiin trading saham sebagai bisnis.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.