Analisa Koloni Saham

Alasan Koloni Saham Membeli DYAN Untuk Pertama Kalinya

Hello Sahabat Koloni,

ball-605592_1280

 

Di periode 20 – 24 Agustus 2018 ini, Koloni Saham membeli 1 saham baru yang bergerak di bidang penyedia solusi event, yaitu PT. Dyandra Media International Tbk (DYAN).

Koloni Saham baru pertama kali melakukan transaksi di DYAN ini. Sebenarnya Koloni Saham agak sedikit berdebar jika melakukan transaksi di sebuah saham yang mempunyai harga < 100 dan kurang likuid, karena harganya rentan untuk digoreng-goreng. Satu-satunya saham < 100 yang pernah ditransaksikan oleh Koloni Saham di beberapa waktu lampau dan berhasil dengan sangat baik di kala itu adalah WOMF.

Namun untuk kali ini, Koloni Saham memberanikan diri untuk melakukan transaksi  di DYAN karena DYAN masih mempunyai potensi dan prospek yang cukup baik kedepannya. Mau tau alasan lengkap pembelian Koloni Saham terhadap DYAN berdasarkan Teknikal dan Fundamental-nya? Silahkan simak artikel ini hingga selesai dan semoga bisa bermanfaat bagi Sahabat Koloni yang membacanya.

Oke.. Kita langsung mulai saja analisanya..

download

1. TEKNIKAL DYAN

Dalam melakukan analisa Teknikal, Koloni Saham akan selalu melihat Medium Term (grafik weekly) terlebih dahulu untuk melihat trend dari sebuah saham, karena grafik weekly terlihat lebih halus dan lebih jelas pergerakan harganya. Sedangkan Short Term (grafik daily) digunakan oleh Koloni Saham untuk melakukan eksekusi membeli atau menjual. So.. Jangan terbalik yah.. 🙂

Teknikal Daily &amp; Weekly DYAN I

Gambar Grafik Daily & Weekly DYAN Tanggal 24 Agustus 2018

Alasan Koloni Saham membeli DYAN berdasarkan analisa Teknikal, karena :

  • Sideway Medium Term
  • No.1 Di gambar grafik daily, DYAN tampak tertahan di MA21-nya.
  • No.2 Di gambar grafik weekly, DYAN masih berkonsolidasi dengan kecenderungan naik.
  • No.3 Di gambar grafik weekly, Volume DYAN tampak menurun, di kala penurunan harganya di periode ini.
  • No.4 Di gambar grafik weekly, Stochastic DYAN masih GoldenCross dan berhasil menembus titik 50-nya.

Rating Teknikal (1-5) : 3 (DYAN masih akan bergerak mendatar dan hal ini terlihat juga pada indikator-indikator Teknikal-nya)*

 

2. FUNDAMENTAL DYAN LK Q2 2018

Kinerja DYAN Di Q2 2018

Kinerja DYAN Di Q2 2018

Alasan Koloni Saham membeli DYAN berdasarkan analisa Fundamental, karena :

  • Laba DYAN terlihat meningkat secara QoQ & YoY, begitu juga dengan laba tahunannya yang turut meningkat pula.
  • PER DYAN 11.71X, PER-nya > 10X dan masih di ambang kewajaran.
  • PBV DYAN 0.48X, PBV-nya < 1X dan cukup baik.
  • ROE DYAN 4.27%, masih terlihat kecil.

Rating Fundamental (1-5) : 3 (walaupun DYAN sudah mencetak profit kembali di Q2 2018 ini, namun DYAN masih perlu untuk menunjukkan kekonsistenan kinerjanya tersebut di kuartal-kuartal selanjutnya)*

Catatan Rating Teknikal & Fundamental* :

1. Very Bad, 2. Bad, 3. Fair, 4. Good, 5. Very Good 

 

Fakta Trading : 

Koloni Saham kembali membeli DYAN di hari Senin tanggal 20 Agustus 2018 dengan jumlah pembelian yang lebih sedikit dibandingkan sebelum-sebelumnya. Koloni Saham membeli DYAN ini berdasarkan analisa Teknikal-nya, dimana DYAN terlihat masih berkonsolidasi dengan kecenderungan naik dan Fundamental-nya, dimana DYAN telah kembali mencetak profit di Q2 2018 ini.

Catatan Tambahan :

  • Dengan semakin banyaknya event-event yang bertaraf baik International maupun National yang mungkin sekali diadakan di Indonesia kedepannya, maka DYAN sebagai penyedia solusi event, dapat memanfaatkan event-event tersebut untuk menambah pundi-pundi pendapatannya dan meningkatkan kinerja keuangannya.
  • Selain itu, peningkatan kinerja DYAN di Q2 2018 ini disebabkan juga oleh kemampuan DYAN untuk mengurangi beban-bebannya selama Q2 2018. Dan jika hal ini dapat dilanjutkan terus oleh DYAN, maka tidak menutup kemungkinan, kinerja DYAN di Q3 2018 nanti bisa semakin baik lagi.

 

Planning :

  • Berhubung harga DYAN masih di bawah 100 dan memiliki faktor resiko yang cukup tinggi, maka Koloni Saham tidak berencana untuk menambah lagi dan sudah cukup puas dengan porsi pembelian di DYAN ini.
  • STOP LOSS sudah Koloni Saham pasang dalam posisi mode ON untuk menjaga modal Koloni Saham di DYAN tersebut.
  • Koloni Saham akan menjual DYAN tersebut, jika 1. Kena STOP LOSS  2. TARGET PRICE tercapai dan 3. Ingin SWITCHING saham.

 

Silahkan Baca Trading Plan DYAN di : 

Catatan Trading Koloni Saham Tanggal 20 – 24 Agustus 2018

 

Catatan Penting : Tetapkan STOP LOSS untuk menjaga modal Sahabat Koloni dan TRAILING STOP untuk menjaga keuntungan yang sudah diraih oleh Sahabat Koloni.

DISCLAIMER ON : Artikel ini berisi catatan trading yang saya tulis sendiri dan tidak ada maksud untuk mengajak membeli atau menjual. Segala keputusan baik beli maupun jual, sepenuhnya berada di tangan Sahabat Koloni sendiri. Pelajari dan pahami resiko dalam trading / investasi saham, sebelum Sahabat Koloni memutuskan membeli dan menjual saham.

Good Luck And God Bless You

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.