Analisa Koloni Saham

Emiten Batubara Ini Menawarkan Reward Tinggi Dengan Resiko Rendah

Hello Sahabat Koloni,

pexels-photo-210990

Di periode 10 – 14 September 2018 ini, Koloni Saham membeli 1 saham baru yang bergerak di sektor batubara, yaitu PT. Harum Energy Tbk (HRUM).

Belum lama ini, Koloni Saham pernah melakukan transaksi di HRUM dengan hasil yang cukup memuaskan. Kini.. Koloni Saham kembali melakukan transaksi di HRUM dengan harapan bisa mendapatkan hasil yang sama baiknya dengan transaksi sebelum ini.

Bagi Sahabat Koloni yang ingin tau tentang analisa Koloni Saham dan alasan dibalik pembelian terhadap HRUM ini, silahkan simak artikel ini hingga selesai. Semoga artikel ini dapat membawa manfaat bagi Sahabat Koloni dalam melakukan trading sahamnya.

Oke.. Kita langsung mulai saja analisanya..

Harum_Energy_Tbk_(HRUM

1. TEKNIKAL HRUM

Dalam melakukan analisa Teknikal, Koloni Saham akan selalu melihat Medium Term (grafik weekly) terlebih dahulu untuk melihat trend dari sebuah saham, karena grafik weekly terlihat lebih halus dan lebih jelas pergerakan harganya. Sedangkan Short Term (grafik daily) digunakan oleh Koloni Saham untuk melakukan eksekusi membeli atau menjual. So.. Jangan terbalik yah.. 🙂

Teknikal Daily & Weekly HRUM I

Gambar Grafik Daily & Weekly HRUM Tanggal 14 September 2018

Alasan Koloni Saham membeli HRUM berdasarkan analisa Teknikal, karena :

  • Sideway Medium Term
  • No.1 Di gambar grafik daily, HRUM masih bergerak di area support-nya .
  • No.2 Di gambar grafik weekly, HRUM terlihat sedang berusaha untuk mantul dari support kuatnya.
  • No.3 Di gambar grafik daily, Volume HRUM mengalami peningkatan.
  • No.4 Di gambar grafik daily, Stochastic HRUM masih GoldenCross dan berhasil keluar dari area OverSold-nya serta membentuk Divergen.

Rating Teknikal (1-5) : 4 (HRUM terindikasi akan mantul dari area support-nya, sehingga reward yang akan didapatkannya bisa maksimal dengan resiko yang minim)*

 

2. FUNDAMENTAL HRUM LK Q2 2018

Kinerja HRUM Di Q2 2018

Kinerja HRUM Di Q2 2018

Alasan Koloni Saham membeli HRUM berdasarkan analisa Fundamental, karena :

  • Laba HRUM terlihat menurun secara QoQ & YoY, begitu juga dengan laba tahunannya yang ikut menurun.
  • PER HRUM 12.97X, PER-nya > 10X dan kurang baik
  • PBV HRUM 1.20X, PBV-nya > 1X dan kurang baik.
  • ROE HRUM 9.24%, masih terlihat kecil.

Rating Fundamental (1-5) : 3 (Kinerja HRUM di Q2 2018 ini memang terlihat kurang baik, dimana PER, PBV dan ROE-nya menunjukkan bahwa HRUM sudah tidak murah lagi. Namun karena hutangnya yang masih kecil dan harga batubara yang masih stabil di atas $110, maka ada “kemungkinan” kinerja HRUM bisa meningkat lagi di Q selanjutnya)*

Catatan Rating Teknikal & Fundamental* :

1. Very Bad, 2. Bad, 3. Fair, 4. Good, 5. Very Good 

 

Fakta Trading : 

Koloni Saham kembali membeli HRUM di hari Kamis tanggal 13 September 2018 dengan jumlah pembelian seperti biasanya. Berhubung karena kinerja keuangan HRUM di Q2 2018 ini terlihat masih kurang baik, maka untuk saat ini, Koloni Saham membeli HRUM hanya berdasarkan dari analisa Teknikal-nya, dimana HRUM terlihat sedang berusaha untuk mantul dari support kuatnya di 2350.

Catatan Tambahan :

1 hal yang hampir terlupakan oleh Koloni Saham jika ingin bertransaksi di saham-saham sektor batubara, yaitu di awal bulan ada kecenderungan harga sahamnya mengalami penurunan. Kenapa? Karena harga acuan batubara dunia mengalami perubahan dari bulan sebelumnya ke bulan yang bersangkutan.

Contoh : Seandainya di akhir bulan Agustus 2018 harga acuan batubara dunia sebesar $115 dan di awal bulan September 2018 harga acuan batubara dunia sebesar $114, maka akan terlihat bahwa harganya sedang mengalami penurunan, bukan? Tentunya ini akan berdampak pada pergerakan harga saham-saham di sektor batubara.

 

Planning :

  • Untuk sementara ini, Koloni Saham cukup puas dengan jumlah alokasi modal untuk HRUM. Namun jika ternyata kinerja HRUM di Q selanjutnya menunjukkan perbaikan, maka ada “kemungkinan” Koloni Saham akan menambah lagi alokasi modalnya untuk HRUM.
  • STOP LOSS sudah Koloni Saham pasang dalam posisi mode ON untuk menjaga modal Koloni Saham di HRUM tersebut.
  • Koloni Saham akan menjual HRUM tersebut, jika 1. Kena STOP LOSS  2. TARGET PRICE tercapai dan 3. Ingin SWITCHING saham.

 

Silahkan Baca Trading Plan HRUM di : 

Catatan Trading Koloni Saham Tanggal 10 – 14 September 2018

 

Catatan Penting : Tetapkan STOP LOSS untuk menjaga modal Sahabat Koloni dan TRAILING STOP untuk menjaga keuntungan yang sudah diraih oleh Sahabat Koloni.

DISCLAIMER ON : Artikel ini berisi catatan trading yang saya tulis sendiri dan tidak ada maksud untuk mengajak membeli atau menjual. Segala keputusan baik beli maupun jual, sepenuhnya berada di tangan Sahabat Koloni sendiri. Pelajari dan pahami resiko dalam trading / investasi saham, sebelum Sahabat Koloni memutuskan membeli dan menjual saham.

Good Luck And God Bless You

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.