Dunia Koloni Saham

Review Portofolio Koloni Saham Tanggal 08 – 12 Oktober 2018

Hello Sahabat Koloni,

Saatnya kita mereview Portofolio Koloni Saham untuk periode 08 – 12 Oktober 2018. Untuk mengingat-ingat lagi review Portofolio Koloni Saham sebelumnya.

Silahkan Baca : Review Portofolio Koloni Saham Tanggal 01 – 05 Oktober 2018

chicago-690364_1280

PORTOFOLIO KOLONI SAHAM HINGGA 12 OKTOBER 2018

Portofolio 12 Okt 2018

Kronologis Portofolio Koloni Saham

Selama periode 08 – 12 Oktober 2018 ini, IHSG sempat kembali bergejolak. Pergerakan IHSG yang terus turun dan naik selama beberapa periode terakhir ini menandakan bahwa IHSG masih dalam fase Sideway-nya. Fase Downtrend dari pergerakan IHSG akan dimulai ketika support kuat-nya di rentang 5600 – 5700 tertembus oleh penurunannya.

Di periode ini Koloni Saham dibuat khawatir oleh 2 hal, yaitu : 1. Pergerakan IHSG yang masih kebingungan menentukan arahnya dan 2. Penurunan dari harga komoditas dunia yang cukup dalam, terutama harga minyak bumi dan batubara.

Berhubung Koloni Saham masih mempunyai beberapa saham komoditas, maka Koloni Saham memutuskan untuk mengurangi alokasi modalnya di sektor ini dengan menjual salah satu saham dari sektor batubara, yaitu MBAP yang terkena STOP LOSS dan melakukan SWITCHING saham ke ASSA yang mempunyai pergerakan harga dan prospek yang lebih baik.

Portofolio Koloni Saham di periode ini belum mengalami perubahan yang berarti dibandingkan dengan periode-periode sebelumnya, dimana ada 4 saham yang berkinerja positif, sedangkan 4 saham lainnya masih berkinerja negatif.

Penurunan IHSG di periode kali ini disertai dengan keluarnya para investor asing dalam jumlah yang cukup signifikan. Penurunan IHSG kali ini sejalan dengan penurunan hampir di seluruh bursa global.

 

Tetap fokus dan disiplin dalam menjalankan Trading Plan.

 

Catatan :

Di dalam Portofolio Koloni saham terdapat Koloni Saham Investasi yang berisikan beberapa saham yang memang saya hold untuk jangka waktu lebih panjang dibandingkan saham-saham yang lainnya. Koloni Saham Investasi ini berdiri sendiri di luar saham-saham yang lainnya dan untuk saat ini hanya saham-saham di luar dari Koloni Saham Investasi yang akan di-review.

———- KOLONI SAHAM ———-

 

Update Review Portofolio Koloni Saham :

Mulai periode 01 – 05 Oktober 2018 ini, Review Portofolio Koloni Saham mengalami perubahan dengan tidak lagi mencantumkan Resisten, Support, STOP LOSS / TRAILING STOP dan Rekomendasi seperti sebelumnya. Hal ini bertujuan agar artikel ini bisa lebih singkat, padat dan tidak membuat kebingungan serta kesalahpahaman bagi Sahabat Koloni yang membacanya. Semoga dengan adanya perubahan ini, Sahabat Koloni bisa lebih enjoy dalam membaca artikel tentang Review Portofolio Koloni Saham ini.

Bagi Sahabat Koloni yang ingin berinteraksi langsung dengan Koloni Saham dan rekan-rekan trader lainnya, silahkan join di Channel 1 arah dan Group Telegram Koloni Saham melalui link di bawah ini :

TELEGRAM CHANNEL KOLONI SAHAM

TELEGRAM GROUP KOLONI SAHAM

 

1. PT. Aneka Tambang Tbk (ANTM)

Teknikal Daily & Weekly ANTM 3

Gambar Grafik Daily & Weekly ANTM Tanggal 12 Oktober 2018

* Catatan : ANTM masih dalam fase Sideway baik secara daily maupun weekly. Resiko ANTM semakin terbatas, asalkan tidak turun menembus support-nya di 780, sedangkan reward-nya semakin besar, yaitu di 900. Karena Reward > Resiko-nya dan ada indikasi dalam waktu dekat INALUM selaku induk dari ANTM akan menyelesaikan akuisisi saham divestasi dari Freeport, maka Koloni Saham akan tetap hold ANTM.

 

2. PT. Adi Sarana Armada Tbk (ASSA)

Koloni Saham membeli saham ASSA di periode 08 – 12 Oktober 2018 di harga 800. Dengan statusnya sebagai “New Comer”, Koloni Saham berharap kinerjanya bisa sama atau bahkan melebihi saham-saham yang sudah ada.

Silahkan Baca Alasan Koloni Saham Membeli ASSA ini :

Menaruh Harapan (ASSA) Di Portofolio Koloni Saham

 

3. Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA)

Teknikal Daily & Weekly BNGA XIII

Gambar Grafik Daily & Weekly BNGA Tanggal 12 Oktober 2018

* Catatan : BNGA masih terlihat Downtrend secara weekly, namun Sideway secara daily. BNGA masih saja bergerak di support kuatnya, yaitu 900. Menurut Koloni Saham, ada “kemungkinan” BNGA masih akan bergerak Sideway untuk beberapa waktu kedepan. Berhubung PNBN yang sudah bergerak naik cukup tinggi, maka Koloni Saham berharap BNGA bisa mengikuti pergerakan PNBN tersebut, karena ke 2 emiten ini memiliki pergerakan dan ukuran perusahaan yang hampir mirip.

 

4. PT. Dyandra Media International (DYAN)

Teknikal Daily & Weekly DYAN VIII

Gambar Grafik Daily & Weekly DYAN Tanggal 12 Oktober 2018

* Catatan : Pergerakan DYAN masih saja tertahan di resisten psikologis-nya, yaitu 100. Namun ada “kemungkinan” DYAN ini akan bisa naik kembali setelah harganya berhasil di topang oleh MA21-nya. Semoga DYAN dapat kembali bergerak positif di minggu depan karena pergerakannya ini didukung juga oleh sejumlah indikator-indikator Teknikal-nya.

 

5. PT. Harum Energy Tbk (HRUM)

Teknikal Daily & Weekly HRUM V

Gambar Grafik Daily & Weekly HRUM Tanggal 12 Oktober 2018

* Catatan : HRUM ternyata bergerak turun hingga menembus support kuatnya di 2300. Situasi ini cukup mengkhawatirkan, karena dengan tertembusnya 2300, maka support kuat sekaligus psikolgis HRUM selanjutnya adalah di 2000. Ada 2 pilihan rencana untuk meminimalisir resiko kerugian yang akan didapat, antara lain : 1. Melakukan STOP LOSS ketika HRUM mengalami rebound setidaknya di 2200 – 2300, 2. Melakukan AVERAGE DOWN pada HRUM ketika harganya mengalami penurunan hingga mendekati angka 2000. Apapun yang akan dipilih oleh Koloni Saham, tentunya akan disesuaikan dengan kondisi pasar terbaru.

 

6. PT. Indospring Tbk (INDS)

Teknikal Daily & Weekly INDS XI

Gambar Grafik Daily & Weekly INDS Tanggal 12 Oktober 2018

* Catatan : INDS kembali mantul dan terlihat ada GAP DOWN di tanggal 11 Oktober 2018 lalu. Dengan pergerakan harganya yang masih Uptrend, maka peluang INDS untuk kembali naik terbuka cukup lebar. Koloni Saham memasang TARGET PRICE untuk INDS ini di harga 2500. Semoga INDS masih bisa sejalan dengan analisa yang telah dilakukan oleh Koloni Saham.

 

7. PT. Metrodata Electronics Tbk (MTDL)

Teknikal Daily & Weekly MTDL XXII

Gambar Grafik Daily & Weekly MTDL Tanggal 12 Oktober 2018

* Catatan : Terlihat jelas bahwa MTDL sedang berada di dalam fase Sideway-nya. MTDL sudah cukup lama berada di dalam Portofolio Koloni Saham, karena Koloni Saham masih menganggap bahwa MTDL masih menawarkan prospek yang cukup bagus kedepannya. Nasib MTDL di dalam Portofolio Koloni Saham akan ditentukan oleh pengumuman kinerjanya di Q3 2018 nanti.

 

8. PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF)

Teknikal Daily & Weekly WOMF XXIII

Gambar Grafik Daily & Weekly WOMF Tanggal 12 Oktober 2018

* Catatan : Koloni Saham masih penasaran dengan pergerakan dari WOMF ini. Namun kelihatannya WOMF masih akan berada di fase Sideway selama beberapa waktu kedepan. Tapi apakah harga WOMF bisa naik lagi? Perhatikan 2 hal berikut ini, yaitu : 1. Secara Teknikal, WOMF sudah memiliki resiko yang sudah mulai terbatas dan masih sejalan dengan analisa yang telah dilakukan oleh Koloni Saham sebelumnya, 2. Dilihat dari meningkatnya penjualan otomotif hingga semester I lalu, maka kinerja WOMF bisa semakin oke di Q3 2018 nanti. So.. Let’s see..

 

DISCLAIMER ON : Artikel ini berisi catatan trading yang saya tulis sendiri dan tidak ada maksud untuk mengajak membeli atau menjual. Segala keputusan baik beli maupun jual, sepenuhnya berada di tangan Sahabat Koloni sendiri. Pelajari dan pahami resiko dalam trading / investasi saham, sebelum Sahabat Koloni memutuskan membeli dan menjual saham.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.