Dunia Koloni Saham

Review Portofolio Koloni Saham Tanggal 15 – 19 Oktober 2018

Hello Sahabat Koloni,

Saatnya kita mereview Portofolio Koloni Saham untuk periode 15 – 19 Oktober 2018. Untuk mengingat-ingat lagi review Portofolio Koloni Saham sebelumnya.

Silahkan Baca : Review Portofolio Koloni Saham Tanggal 08 – 12 Oktober 2018

chicago-690364_1280

PORTOFOLIO KOLONI SAHAM HINGGA 19 OKTOBER 2018

Portofolio 19 Okt 2018

Kronologis Portofolio Koloni Saham

Selama periode 15 – 19 Oktober 2018 ini, IHSG mengalami rebound dari bottom-nya, walaupun belum terlalu kuat dan masih terbatas. Namun melihat penutupan di hari Jumat lalu, ada indikasi bahwa IHSG berpeluang untuk melanjutkan kenaikannya kembali dan mengetes resisten 5910 di minggu depan.

Di periode lalu, Koloni Saham sempat dibuat khawatir oleh penurunan dari harga komoditas dunia yang cukup dalam, terutama harga minyak bumi dan batubara.

Ternyata kekhawatiran Koloni Saham di periode yang lalu terbukti, karena harga saham-saham batubara di periode kali ini mengalami penurunan. Tak terkecuali HRUM yang merupakan salah satu saham batubara yang masih berada di Portofolio Koloni Saham pun terkena dampaknya.

Memasuki musim laporan keuangan Q3 2018 yang akan terbit sebentar lagi, Koloni Saham memutuskan untuk tidak melakukan pembelian maupun penjualan dan hanya hold saham-saham yang sudah ada di Portofolio Koloni Saham sambil menunggu terbitnya laporan keuangan Q3 dari saham-saham tersebut.

Portofolio Koloni Saham di periode ini belum mengalami perubahan yang berarti dibandingkan dengan periode-periode sebelumnya, dimana hanya ada 3 saham yang berkinerja positif, sedangkan 5 saham lainnya masih berkinerja negatif.

Pergerakan IHSG yang cukup stabil di periode kali ini disebabkan oleh adanya sentimen-sentimen positif yang berasal dari dalam negeri, dimana neraca perdagangan Indonesia di bulan September mengalami surplus, inflasi pun masih cukup rendah dan Rupiah mulai bergerak stabil.

 

Tetap fokus dan disiplin dalam menjalankan Trading Plan.

 

Catatan :

Di dalam Portofolio Koloni saham terdapat Koloni Saham Investasi yang berisikan beberapa saham yang memang saya hold untuk jangka waktu lebih panjang dibandingkan saham-saham yang lainnya. Koloni Saham Investasi ini berdiri sendiri di luar saham-saham yang lainnya dan untuk saat ini hanya saham-saham di luar dari Koloni Saham Investasi yang akan di-review.

———- KOLONI SAHAM ———-

 

Update Review Portofolio Koloni Saham :

Mulai periode 01 – 05 Oktober 2018 ini, Review Portofolio Koloni Saham mengalami perubahan dengan tidak lagi mencantumkan Resisten, Support, STOP LOSS / TRAILING STOP dan Rekomendasi seperti sebelumnya. Hal ini bertujuan agar artikel ini bisa lebih singkat, padat dan tidak membuat kebingungan serta kesalahpahaman bagi Sahabat Koloni yang membacanya. Semoga dengan adanya perubahan ini, Sahabat Koloni bisa lebih enjoy dalam membaca artikel tentang Review Portofolio Koloni Saham ini.

Bagi Sahabat Koloni yang ingin berinteraksi langsung dengan Koloni Saham dan rekan-rekan trader lainnya, silahkan join di Channel 1 arah dan Group Telegram Koloni Saham melalui link di bawah ini :

TELEGRAM CHANNEL KOLONI SAHAM

TELEGRAM GROUP KOLONI SAHAM

 

1. PT. Aneka Tambang Tbk (ANTM)

Teknikal Daily & Weekly ANTM 4

Gambar Grafik Daily & Weekly ANTM Tanggal 19 Oktober 2018

* Catatan : ANTM mengalami penurunan harga yang cukup signifikan, dimana harga support yang telah ditentukan oleh Koloni Saham sebelumnya di 780 telah tertembus di periode kali ini. Namun melihat penutupan ANTM di hari Jumat lalu, ada “kemungkinan” ANTM akan rebound walaupun masih terbatas, yaitu ke harga 800. Koloni Saham akan tetap waspada terhadap pergerakan ANTM ini karena jika harga ANTM kembali menembus dan ditutup di bawah 755, maka ANTM akan mengawali fase Downtrend-nya dengan support di 700.

 

2. PT. Adi Sarana Armada Tbk (ASSA)

Teknikal Daily & Weekly ASSA 2

Gambar Grafik Daily & Weekly ASSA Tanggal 19 Oktober 2018

* Catatan : ASSA merupakan saham terbaru yang ada di Portofolio Koloni Saham. Setelah mengalami kenaikan di hari Senin lalu hingga menyentuh 300, ternyata di hari Selasa – Jumat ASSA kembali mengalami penurunan harga. Hal tersebut memang sangat disayangkan, namun Koloni Saham akan tetap meng-hold ASSA ini sambil menunggu laporan keuangannya di Q3 terbit. Semoga trend kinerja positif-nya masih berlanjut di Q3 2018 ini.

 

3. Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA)

Teknikal Daily & Weekly BNGA XIV

Gambar Grafik Daily & Weekly BNGA Tanggal 19 Oktober 2018

* Catatan : Dari grafik daily & weekly, BNGA terlihat masih dalam fase Downtrend, walaupun penurunannya di periode ini tidak sedalam periode-periode sebelumnya. Ada indikasi bahwa BNGA akan mengalami perubahan trend dan itu terlihat dari Volume-nya yang semakin mengecil dan adanya Divergen pada STOCASTIC-nya. Berhubung sebentar lagi BNGA akan menerbitkan laporan keuangan Q3-nya, maka Koloni Saham memutuskan untuk meng-hold BNGA ini untuk beberapa waktu yang lebih lama.

 

4. PT. Dyandra Media International (DYAN)

Teknikal Daily & Weekly DYAN IX

Gambar Grafik Daily & Weekly DYAN Tanggal 19 Oktober 2018

* Catatan : Ternyata titik harga 100 merupakan resisten yang sangat kuat bagi DYAN. Pergerakan DYAN masih saja tertahan disana dan terlihat belum bertenaga untuk bisa kembali naik di periode ini. Namun dengan melihat gambar grafik weekly-nya, dimana harganya masih bisa bertahan diatas MA8-nya, membuat Koloni Saham masih bisa berharap bahwa DYAN masih berpeluang untuk melanjutkan kenaikannya kembali di minggu depan.

 

5. PT. Harum Energy Tbk (HRUM)

Teknikal Daily & Weekly HRUM VI

Gambar Grafik Daily & Weekly HRUM Tanggal 19 Oktober 2018

* Catatan : HRUM ternyata bergerak turun hingga menembus support kuatnya di 2300. Situasi ini cukup mengkhawatirkan, karena dengan tertembusnya 2300, maka support kuat sekaligus psikolgis HRUM selanjutnya adalah di 2000. Ada 2 pilihan rencana untuk meminimalisir resiko kerugian yang akan didapat, antara lain : 1. Melakukan STOP LOSS ketika HRUM mengalami rebound setidaknya di 2200 – 2300, 2. Melakukan AVERAGE DOWN pada HRUM ketika harganya mengalami penurunan hingga mendekati angka 2000. Apapun yang akan dipilih oleh Koloni Saham, tentunya akan disesuaikan dengan kondisi pasar terbaru.

 

6. PT. Indospring Tbk (INDS)

Teknikal Daily & Weekly INDS XII

Gambar Grafik Daily & Weekly INDS Tanggal 19 Oktober 2018

* Catatan : INDS mengalami rebound dan berhasil mempertahankan trend positif-nya hingga mampu menutup GAP DOWN yang terjadi di periode sebelumnya. Lalu bagaimana pergerakan INDS di minggu depan? Kalo melihat pergerakan harga INDS hingga saat ini ditambah dengan investor asing setiap hari menghasilkan Net Buy di INDS, maka Koloni Saham cukup optimis bahwa INDS akan melanjutkan kenaikannya kembali untuk mengetes resisten psikologis-nya di 2500. So.. Let’s see.

 

7. PT. Metrodata Electronics Tbk (MTDL)

Teknikal Daily & Weekly MTDL XXIII

Gambar Grafik Daily & Weekly MTDL Tanggal 19 Oktober 2018

* Catatan : Terlihat jelas bahwa MTDL sedang berada di dalam fase Sideway-nya. MTDL sudah cukup lama berada di dalam Portofolio Koloni Saham, karena Koloni Saham masih menganggap bahwa MTDL masih menawarkan prospek yang cukup bagus kedepannya. Nasib MTDL di dalam Portofolio Koloni Saham akan ditentukan oleh pengumuman kinerjanya di Q3 2018 nanti.

 

8. PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF)

Teknikal Daily & Weekly WOMF XXIV

Gambar Gtafik Daily & Weekly WOMF Tanggal 19 Oktober 2018

* Catatan : Mungkin Sahabat Koloni bertanya-tanya tentang pergerakan WOMF yang masih saja berkonsolidasi hingga saat ini. Koloni Saham pun juga sebenarnya penasaran terhadap pergerakan WOMF ini. Namun selama pergerakan harga WOMF masih sejalan dengan analisa Koloni Saham dan prospeknya pun masih cukup cerah, dimana penjualan otomotif masih meningkat, maka WOMF masih cukup layak untuk di-hold untuk beberapa waktu yang lebih lama lagi.

 

DISCLAIMER ON : Artikel ini berisi catatan trading yang saya tulis sendiri dan tidak ada maksud untuk mengajak membeli atau menjual. Segala keputusan baik beli maupun jual, sepenuhnya berada di tangan Sahabat Koloni sendiri. Pelajari dan pahami resiko dalam trading / investasi saham, sebelum Sahabat Koloni memutuskan membeli dan menjual saham.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.