Analisa Koloni Saham

Tembok Pertahanan IHSG Telah Bergeser, Kuatkah?

Hello Sahabat Koloni,

lubo-minar-1129533-unsplash

Selama beberapa hari terakhir, tepatnya memasuki bulan Desember kemarin, IHSG kembali menguat dengan cukup meyakinkan dengan menembus area resisten-nya di 6000 – 6100.

Jika Sahabat Koloni bertanya, kenapa IHSG bisa bergerak menguat seperti itu?, maka jawabannya adalah karena banyaknya sentimen positif yang beredar di market, seperti meredanya perang dagang antara China vs Amerika hingga pendapatan negara yang telah melebihi target.

Oleh karena itu, menurut Koloni Saham bahwa ada “kemungkinan” IHSG bisa terus melanjutkan penguatannya hingga awal tahun depan. Namun tentunya penguatan IHSG tersebut tidak akan berjalan terlalu mulus dan masih akan terjadi koreksi-koreksi selama perjalanannya.

But.. It’s oke.. Koreksi-koreksi yang mungkin terjadi pada IHSG kedepannya, harus dipandang sebagai peluang, karena dengan adanya koreksi-koreksi tersebut, maka IHSG akan mempunyai momentum dan pijakan yang lebih kuat untuk bisa kembali melompat ke atas.

Tembok pertahanan IHSG sekarang telah bergeser menjadi 6000-6100 yang merupakan support kuat sekaligus psikologisnya. Jika IHSG bisa kuat bertahan di atas support-nya ini, maka ada “kemungkinan” IHSG sedang berada di awal trend naiknya kembali.

Nah.. Sekarang pertanyaannya adalah  “Apakah Koloni Saham sudah ada profit?”

Hingga saat ini, Portofolio Koloni Saham memang masih didominasi oleh saham-saham yang berwarna hijau, namun karena statusnya masih diatas kertas atau belum direalisasikan, maka belum bisa dikatakan sudah profit.

Koloni Saham akan melepas dan merealisasikan profitnya ketika waktunya sudah tepat. Koloni Saham masih akan meng-hold saham-saham tersebut dikarenakan kinerja dari saham-saham tersebut masih cukup bagus hingga Q3 2018 dan peluang saham-saham itu untuk kembali naik pun masih cukup terbuka lebar.

Mungkin ada sebagian dari Sahabat Koloni yang masih meng-hold sahamnya di portofolio, namun masih belum ada tanda-tanda pergerakan naik, maka solusinya adalah :

  1. Biarkan saja saham-saham tersebut berproses, karena mungkin belum gilirannya naik, tapi dengan catatan bahwa saham yang sedang di-hold mempunyai kinerja yang baik hingga Q3 2018 lalu dan harganya masih di support.
  2. Kurangi porsi di saham tersebut untuk kemudian dialokasikan ke saham baru yang lebih baik, dengan catatan saham barunya tersebut sudah dianalisa terlebih dahulu dan ternyata memang lebih baik dibandingkan saham lama.
  3. Jual seluruh saham tersebut jika memang setelah dianalisa lagi, ternyata ada sesuatu yang kurang baik dan menggantikannya dengan saham baru yang lebih baik.

Lalu, kalo baru mau beli saham baru sekarang atau mau menambah lagi porsi di saham yang sudah ada, gimana caranya?

Jawabannya sangat mudah untuk pertanyaan ini, yaitu Sahabat Koloni harus melihat Fundamental dari saham tersebut untuk mengukur kualitasnya dan Teknikal dari pergerakan harga saham tersebit untuk menentukan timing pembelian serta penjualan.


At the end

Mungkin ada sebagian dari Sahabat Koloni yang sudah mendapatkan keuntungan yang cukup besar di awal bulan ini dan mungkin juga ada sebagian yang lainnya masih mengalami kerugian.

Untung bisa menjadi rugi, jika Sahabat Koloni tidak hati-hati dan mengalami euforia yang berlebihan, sedangkan rugi bisa menjadi untung, jika Sahabat Koloni mau bangkit dan terus belajar. Karena untung dan rugi akan selalu menjadi bagian dari market, maka Sahabat Koloni memerlukan mental yang kuat untuk menjadi seorang pemenang di market.

“Tomorrow will be better, so don’t give up and do the best”

– Koloni Saham –

Untuk artikel berikutnya, sebenarnya Koloni Saham berencana untuk mengulas tentang sebuah perusahaan BUMN yang cukup menarik. Namun berhubung perusahaan itu, harga sahamnya sudah naik banyak, maka Koloni Saham mengurungkan niatnya dan menunda paling tidak hingga harga saham perusahaan tersebut masuk kembali ke area Best Buy-nya.

Next.. Koloni Saham akan coba mengulas kembali analisa Fundamental dengan pendekatan Value Investing. So.. Stay Tune..

God Bless U All..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.