Analisa Koloni Saham Dunia Koloni Saham

IHSG Di Tahun Politik

Hello Sahabat Koloni,

Tak terasa tahun 2018 sudah berakhir dan kini tahun 2019 pun telah tiba. Sepanjang tahun 2018, sebenarnya IHSG sempat mencetak All Time High (ATH) di 6689 pada bulan Februari 2018 lalu, namun sayangnya keperkasaan IHSG tersebut tidak dapat berlanjut pada bulan-bulan berikutnya. Dan bahkan di penghujung akhir tahun 2018, IHSG terpaksa harus menyerah dengan terkoreksi sebesar 2.5%.

Perjalanan IHSG di tahun 2018 tidak terlalu mulus dan banyak tantangan. Koloni Saham mencatat bahwa sejak memasuki Q2 2018 lalu, banyak sekali sentimen-sentimen negatif, baik dari dalam maupun luar negeri, yang berdampak pada pergerakan IHSG hingga akhir tahun 2018.

pexels-photo-89749

Tahun 2019, Tahun Politik

Seperti yang Sahabat Koloni ketahui bahwa dalam hitungan beberapa bulan yang akan datang, tepatnya di bulan April, akan diadakan pilpres. Nah.. Apakah di tahun politik ini, IHSG masih berpeluang untuk naik lebih tinggi atau malah terkoreksi lebih dalam dibandingkan tahun 2018 lalu?

Berdasarkan data dalam 20 tahun terakhir ini, IHSG sudah menjalani 4x tahun politik dan selalu mencetak kenaikan yang cukup signifikan di tahun-tahun tersebut. Perhatikan tabel dibawah ini :

Tahun 1999, IHSG +70.1%

Tahun 2004, IHSG +44.6%

Tahun 2009, IHSG +87%

Tahun 2014, IHSG +22.3%

Ada beberapa fakta menarik yang Koloni Saham temukan berkenaan dengan korelasi antara IHSG dengan tahun politik, antara lain :

  1. Kondisi perekonomian dalam negerilah yang akan mempengaruhi pergerakan IHSG kedepannya, bukan siapa presiden yang akan terpilih nantinya.
  2. Kinerja dan kebijakan-kebijakan 100 hari hingga 1 tahun pertama yang dikeluarkan oleh presiden terpilihlah yang dapat mempengaruhi pergerakan IHSG selanjutnya.
  3. Sektor-sektor yang diusung oleh presiden yang terpilih selama kampanyelah yang memiliki peluang terbesar untuk naik.

So.. Asalkan 3 kondisi ini dapat terpenuhi, yaitu ekonomi di dalam negeri yang masih dapat bertumbuh, kebijakan-kebijakan yang tepat sasaran dan upaya pemenuhan dari janji-janji selama kampanye, maka Koloni Saham cukup optimis bahwa IHSG akan tetap menguat hingga akhir tahun 2019 nanti.

Apalagi jika Sahabat Koloni memperhatikan juga pergerakan IHSG secara Teknikal dengan seksama, maka akan terlihat bahwa IHSG baru saja memulai pergerakan naiknya, ditandai dengan keberhasilan IHSG menembus dan bertahan diatas area 6000 – 6100.

But.. Jangan lupa, bahwa yang Koloni Saham dan Sahabat Koloni trading/investasi-kan bukanlah IHSG-nya, melainkan saham-saham yang ada di dalam IHSG itu sendiri. Sehingga seandainya IHSG benar-benar bergerak naik di tahun 2019 ini, maka bukan berarti saham yang kita miliki bisa ikutan naik juga.


At The End

Di tahun 2019 ini, IHSG bisa saja bergerak naik atau turun dan tidak ada seorangpun yang dapat memastikan pergerakan IHSG kedepannya, namun selama Sahabat Koloni menerapkan cara-cara melakukan trading/investasi yang baik dan benar, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik lagi dibandingkan tahun lalu masih terbuka cukup lebar.

“Always Keep Light Up Your Optimism, Because This Year Will Be Better Than Last Year”

– Koloni Saham –

Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran yang jelas kepada Sahabat Koloni mengenai bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya di tahun 2019 ini.

Next.. Koloni Saham akan mengulas “Alasan Koloni Saham membeli saham PBID yang merupakan saham baru di Portofolio Koloni Saham“. So.. Stay Tune.

God Bless U All..

Advertisements

0 comments on “IHSG Di Tahun Politik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: