Dunia Koloni Saham

Update RTI Business Part I : Menu Pembuka

Hello Sahabat Koloni,

Bagi seorang trader atau investor saham, menganalisa merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Kemampuan dan cara masing-masing trader atau investor dalam menganalisa sebuah saham tentunya berbeda-beda sesuai dengan karakter dan pendekatan yang ingin digunakan, namun tujuan akhirnya pasti sama, yaitu ingin mendapatkan keuntungan.

Di zaman sekarang ini, banyak tersedia aplikasi, baik yang berbayar maupun gratisan, yang dapat digunakan oleh Sahabat Koloni sebagai alat bantu untuk menganalisa sebuah saham. Dan salah satu aplikasi yang menurut Koloni Saham sangat penting untuk dimiliki oleh Sahabat Koloni adalah RTI Business.

Kenapa? Karena selain RTI Business ini merupakan aplikasi yang dapat diunduh oleh Sahabat Koloni secara gratis, RTI Business ini juga menyediakan kebutuhan analisa saham bagi para trader atau investor saham secara lengkap, baik secara Teknikal maupun Fundamental-nya.

Di artikel kali ini, Koloni Saham akan mencoba untuk membahas lebih mendalam mengenai aplikasi RTI Business ini dan sekaligus merupakan update-an dari artikel sebelumnya yang berjudul “Tutorial RTI Business” (Baca : Artikel ini).


Yuk kita mulai,

RTI Business

RTI Business

Sebelum kita mulai menjelajahi aplikasi ini lebih jauh lagi, ada baiknya Sahabat Koloni mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu ke smartphone Sahabat Koloni.

Sudah? Kalo sudah, silahkan dibuka aplikasi RTI Business-nya. Di “Front Page” dari aplikasi ini, Sahabat Koloni akan melihat beberapa menu yang tersedia, seperti :

1. TRADE

Menu “Trade” ini diperuntukkan bagi Sahabat Koloni yang masih awam dan masih ragu-ragu untuk terjun langsung ke dunia saham. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan para trader atau investor sebelum terjun kedalam dunia saham yang sebenarnya.

Menu “Trade” ini sama dengan Virtual Account dimana Sahabat Koloni dapat melakukan trading saham dengan menggunakan uang virtual alias uang boong-boongan. Untuk dapat menggunakan menu “Trade” ini, Sahabat Koloni perlu mendaftar dulu email dan password yang ingin digunakan.

Koloni Saham tidak akan menjelaskan menu “Trade” ini terlalu jauh, agar Sahabat Koloni dapat mencoba untuk mempraktekkannya sendiri.

2. MARKET

Market

Menu “Market” Di RTI Business

Di menu “Market” ini, Sahabat Koloni dapat melihat gambar grafik garis dari pergerakan IHSG yang periodenya dapat Sahabat Koloni pilih sendiri, seperti periode 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan hingga 5 tahun kebelakang.

Informasi mengenai Open, High, Low, Volume, Turnover, Frequency, Up, Down, Unchange dan Market Cap tersaji lengkap dibawah grafik garis IHSG. Plus.. Jika Sahabat Koloni men-scroll lebih kebawah lagi, maka akan terlihat Net Foreign Buy atau Net Foreign Sell dengan periode yang dapat dipilih oleh Sahabat Koloni.

3. INDICES

Indices

Menu “Indices” Di RTI Business

Di menu “Indices” ini, Sahabat Koloni dapat melihat pergerakan bursa-bursa saham dunia, seperti Bursa Asia (Nikkei, Hang Seng, Shanghai, Singapore, IDX dan LQ45), Bursa Eropa (FTSE 100 Index London dan Xetra Dax Frankfurt) dan Bursa Amerika Serikat (Dow Jones, S&P 500 Index dan Nasdaq).

Koloni Saham menggunakan menu “Indices” ini hanya untuk melihat pergerakan bursa regional asia, terutama Shanghai dan pergerakan Dow Jones.  Biasanya kalo bursa regional bergerak positif, maka IHSG pun akan ikutan positif. begitu juga sebaliknya.

4. WATCHLIST

Watchlist

Menu “Watchlist” Di RTI Business

Di menu “Watchlist” ini, Sahabat Koloni dapat menyusun daftar saham-saham yang akan dipantau berdasarkan kategori yang Sahabat Koloni inginkan atau saham-saham yang ada di dalam portofolio Sahabat Koloni.

Caranya sebagai berikut :

  1. Buat kategori dengan judul yang Sahabat Koloni inginkan dengan menggunakan tombol “+” yang ada di kanan atas.
  2. Menambahkan kode-kode saham di kategori yang sudah dibuat sebelumnya dengan menggunakan tombol “pen” di sebelah tombol “+”.
  3. Untuk mencari kode saham yang diinginkan secara cepat, Sahabat Koloni dapat menggunakan tombol pencarian di pojok kanan atas di sebelah tombol “pen”.
  4. Untuk memindahkan saham dari 1 kategori ke kategori lain dan menghapus kategori serta kode sahamnya, Sahabat Koloni hanya perlu menekan lebih lama kode saham yang dimaksud, maka akan muncul pilihan yang dapat Sahabat Koloni pilih.
  5. Sahabat Koloni dapat melihat kategori-kategori yang sudah dibuat dengan cara menekan segitiga di samping tulisan “Property“.
  6. Urutan dari saham-saham yang ingin ditampilkan juga dapat diubah-ubah sesuai dengan keinginan Sahabat Koloni dengan cara menekan segitiga di samping tulisan “Change (%)“.

Menu “Watchlist” ini sangat penting bagi Koloni Saham, karena dengan penyusunan yang baik dari daftar saham-saham yang sedang dipantau, akan memudahkan Koloni Saham dalam melakukan eksekusi pembelian dan penjualan sebuah saham nantinya.

5. MOVERS

Movers

Menu “Movers” Di RTI Business

Di menu “Movers” ini, Sahabat Koloni dapat melihat saham-saham yang menjadi Top Gainers, Losers, Active secara Turnover, Volume, atau Frequency, Net Foreign Buy dan Net Foreign Sell dengan cara menekan segitiga di samping tulisan “Gainers (%)“.

Selain itu, Sahabat Koloni juga dapat memilih periode yang diinginkan, seperti 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan hingga 5 tahun kebelakang dengan cara menekan segitiga di samping tulisan “1D“.

6. CHART

Di menu “Chart” ini, Sahabat Koloni dapat melakukan analisa Teknikal dari sebuah saham. Dengan keberadaan menu ini di RTI Business membuat Sahabat Koloni bisa menganalisa sebuah saham secara lengkap. baik analisa Fundamental, Teknikal maupun pergerakan sahamnya.

Be honest.. Untuk analisa Teknikal, Koloni Saham lebih suka menggunakan “Chart” yang sudah disediakan oleh pihak sekuritas dibandingkan dengan “Chart” yang ada di RTI Business ini, karena “Chart” dari pihak sekuritas terasa lebih sederhana dan mudah untuk menggunakannya.

7. CURRENCY

Currency

Menu “Currency” Di RTI Business

Di menu “Currency” ini, Sahabat Koloni dapat melihat pergerakan mata uang dunia, termasuk mata uang Rupiah terhadap Dollar dan beberapa mata uang asing lainnya.

Berhubung Koloni Saham hanya melakukan trading saham dan bukan trading Forex / mata uang, maka Koloni Saham hanya memperhatikan pergerakan Rupiah terhadap Dollar karena mempunyai pengaruh paling besar terhadap pasar saham Indonesia.

8. P. METAL

Di menu “P. Metal” ini, Sahabat Koloni dapat melihat pergerakan harga Silver, Gold dan Platinum secara USD / Ounce dan IDR / Gram.

Untuk menu yang satu ini, Koloni Saham tidak pernah menggunakannya karena untuk mendapatkan harga komoditas dunia ter-update, Koloni Saham menggunakan aplikasi lain.

9. NEWS

News

Menu “News” Di RTI Business

Di menu “News” ini, Sahabat Koloni dapat membaca berita-berita terbaru dan ter-update setiap harinya, baik yang berhubungan dengan dunia saham maupun ekonomi dalam dan luar negeri.

Meskipun menu “News” ini mempunyai banyak kategori (tekan “Show All”), Koloni Saham lebih menyarankan agar Sahabat Koloni memakai kategori “All” saja.

10. CA NEWS

CA News

Menu “CA News” Di RTI Business

Di menu “CA News” ini, Sahabat Koloni dapat mengetahui Corporate Action yang sedang atau akan dilakukan oleh sebuah perusahaan. Koloni Saham tidak terlalu menggunakan menu ini, karena biasanya di menu “News” dengan kategori “All” pun sudah tersaji beritanya.

11. CALENDAR

Calender

Menu “Calendar” Di RTI Business

Di menu “Calendar” ini, Sahabat Koloni dapat mengetahui jadwal dari event-event yang akan dilakukan oleh sebuah perusahaan, seperti Devidend, Bonus, Right Issue, Warrant, Stock Split, Reverse Split, Tender Offer, RUPS dan IPO, dengan cara menekan segitiga yang ada di samping tulisan “Upcoming Event“.


At The End

Dari ke-11 menu pembuka di RTI Business yang sudah Koloni Saham bahas diatas, hanya 6 menu yang paling sering digunakan oleh Koloni Saham, yaitu 1. MARKET, 2. INDICES, 3. WATCHLIST, 4. MOVERS, 5. CURRENCY dan 6. NEWS.

Ke-6 menu pembuka tersebut dapat memberikan gambaran kepada Koloni Saham mengenai bagaimana kondisi pergerakan IHSG pada saat itu. Sedangkan untuk menganalisa sebuah saham secara mendalam, masih diperlukan menu-menu lain yang ada di RTI Business.

Berhubung artikel ini sudah cukup panjang, maka Koloni Saham akan membahas menu-menu lain yang ada di RTI Business tersebut di artikel selanjutnya saja, dengan judul : “Update RTI Business Part II : Menu Analisa Saham”.

Koloni Saham berharap bahwa artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat kepada Sahabat Koloni, yang mungkin saja hingga saat ini masih merasa kebingungan mengenai cara menggunakan aplikasi RTI Business ini di dalam kegiatan trading atau investasinya.

God Bless U All..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.