Skip to content
Advertisements

Kinerja Ke 2 Saham Ini Masih Melaju Di Q4 2018

Hello Sahabat Koloni,

PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF) dan PT. Astra Otoparts Tbk (AUTO) sudah merilis laporan keuangan Q4 2018-nya dengan hasil yang cukup memuaskan.

WOMF dan AUTO merupakan saham-saham yang sudah di-hold oleh Koloni Saham cukup lama dan merupakan saham andalan dari Koloni Saham, karena bukan saja kinerjanya yang mengalami peningkatan, namun pergerakan harganya pun masih sesuai dengan analisa Koloni Saham.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kinerja ke 2 saham ini, silahkan simak artikel ini hingga selesai dan semoga dapat bermanfaat bagi Sahabat Koloni yang membacanya.

Yuk kita mulai

1. PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF)

Kinerja WOMF Di Q4 2018
Kinerja WOMF Di Q4 2018

Dari tabel diatas terlihat bahwa kinerja WOMF di Q4 2018 lalu mengalami peningkatan, dimana hampir semua komponen keuangannya mengalami peningkatan.

  1. Pendapatan, laba usaha dan laba bersih 2018 lalu mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2017.
  2. PER < 10X dan PBV masih dikisaran 1X, menandakan bahwa WOMF masih di sekitar harga wajarnya.
  3. ROE > 15% menandakan bahwa di tahun 2018 lalu, WOMF dapat mengelola modalnya secara efisien untuk mendapatkan laba.

Catatan : 

  • Inflasi yang terjaga dan suku bunga yang diprediksi tidak akan naik sebanyak tahun 2019 lalu menjadi keuntungan tersendiri bagi WOMF. Belum lagi, penjualan kendaraan bermotor yang diperkirakan akan stabil di tahun 2019 ini.
  • Namun ada resiko bagi Sahabat Koloni yang akan masuk ke WOMF di level harga sekarang ini, karena WOMF termasuk saham yang kurang likuid dan sering mengalami sideway untuk waktu yang cukup lama.

2. PT. Astra Otoparts (AUTO)

Kinerja AUTO Di Q4 2018
Kinerja AUTO Di Q4 2018

Dari tabel diatas terlihat bahwa kinerja AUTO di Q4 2018 lalu mengalami peningkatan, dimana hampir semua komponen keuangannya mengalami peningkatan.

  1. Pendapatan, laba usaha dan laba bersih 2018 lalu mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2017.
  2. PER > 10X dan PBV < 1X, menandakan bahwa harga AUTO masih dikisaran harga wajarnya.
  3. ROE < 10%, menandakan bahwa AUTO kurang efisien dalam menggunakan modalnya untuk memperoleh laba. Namun kabar baiknya ROE AUTO terus membaik seiring dengan labanya yang terus naik.

Catatan :

  • Dengan peningkatan penjualan otomotif di tahun 2018 lalu, maka peluang AUTO untuk meningkatkan laba di tahun 2019 ini cukup besar.
  • Resiko yang mungkin akan dihadapi oleh AUTO kedepannya adalah pergerakan Rupiah terhadap Dollar, dimana naik turunnya Rupiah terhadap Dollar tersebut sangat mempengaruhi perolehan laba AUTO kedepannya.


At The End

Analisa yang disuguhkan oleh Koloni Saham di artikel ini bukanlah sebuah ajakan untuk membeli WOMF atau AUTO, namun semata-mata hanya untuk memberikan informasi mengenai kondisi terbaru dari kinerja keuangan WOMF dan AUTO.

Oleh karena itu jika seandainya Sahabat Koloni punya niatan untuk membeli WOMF atau AUTO ini, maka ada baiknya Sahabat Koloni melakukan analisa yang menyeluruh terlebih dulu terhadap ke 2 saham tersebut, baik kinerja keuangannya, pergerakan harganya saat ini maupun sentimen-sentimen yang sedang beredar di pasar saham mengenai ke 2 saham tersebut, sebelum mulai membelinya.

Koloni Saham berharap bahwa artikel ini dapat membawa manfaat bagi Sahabat Koloni yang membacanya.

God Bless U All..

Advertisements

kolonisaham View All

Seorang karyawan biasa yang berdedikasi untuk terus belajar, trading saham dan berbagi Dunia Saham kepada para Sahabat Koloni.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: