Catatan Belajar Koloni

IHSG Dilanda Badai, Apa Yang Harus Dilakukan?

Hello Sahabat Koloni,

IHSG yang diharapkan bisa naik pasca penyelenggaraan pemilu serentak yang damai dan aman pada tanggal 17 April 2019 lalu, ternyata tidak tercapai. Alih-alih naik, malah IHSG mulai turun terus setelah pemilu selesai.

Karena begitu masifnya sentimen negatif yang mendera IHSG, baik dari dalam maupun luar negeri, IHSG pun terkapar dan tidak berdaya menghadapi tekanan-tekanan tersebut, sehingga harganya pun terus jatuh selama beberapa minggu terakhir ini.

Sentimen-sentimen apa saja yang mempengaruhi penurunan tajam IHSG ini dan bagaimana pergerakan IHSG selanjutnya?

Silahkan baca artikel ini hingga selesai dan semoga dapat memberikan pencerahan kepada Sahabat Koloni dalam melakukan trading / investasinya.

Here we go,

Untuk awalnya, mari kita coba liat grafik perjalanan IHSG yang diambil pada tanggal 20 Mei 2019 ini.

Teknikal Daily & Weekly IHSG VIII

Gambar Grafik IHSG Tanggal 20 Mei 2019

Baik grafik IHSG secara Daily dan Weekly, menunjukkan bahwa IHSG sedang mengalami penurunan yang cukup dalam hingga hampir menyentuh support yang sama di tahun 2018 lalu, yaitu 5700. Namun beruntungnya hari ini, IHSG dapat rebound meski masih terbatas dengan volume yang tidak terlalu besar.

Sebenarnya apa sih alasan yang melatarbelakangi pengurunan IHSG ini? Menurut Koloni Saham :

  1. Tensi suhu politik yang semakin memanas menjelang hari pengumuman hasil pemilu oleh KPU di tanggal 22 Mei 2019 nanti, disinyalir sebagai faktor yang membuat para investor merasa tidak aman dan nyaman menanamkan uangnya. So.. Tampaknya mereka masih wait & see sambil memperbesar dana tunainya.
  2. Tensi perang dagang antara Amerika dan China yang memanas kembali sehingga menyebabkan Rupiah keok terhadap Dollar, berdampak cukup signifikan terhadap penurunan IHSG beberapa minggu terakhir ini.
  3. Kinerja emiten-emiten di Q1 2019 tidak sesuai dengan ekspektasi, karena banyak diantara emiten-emiten tersebut membukukan kinerja yang mulai melambat bahkan ada yang menurun.

Ke 3 sentimen negatif diatas akan membebani langkah IHSG selama beberapa waktu yang akan datang. Dan jika IHSG mampu rebound sekalipun, maka akan terbatas hingga area resisten kuat sekaligus psikologisnya, yaitu 6000 – 6100 (kebetulan ada Gap disana).

Lalu? Apa yang akan Koloni Saham lakukan menghadapi situasi ini?

Dalam beberapa hari belakangan ini, Koloni Saham rajin menjual saham-saham di Portofolio Koloni Saham yang memang sedang menurun harganya dan masih hold saham-saham investasinya.

Tujuan dari penjualan saham-saham tersebut adalah untuk mengatur kembali Portofolio Koloni Saham dan menjaga ketersedian dana tunainya sehingga Koloni Saham dapat menggunakannya kembali untuk membeli saham-saham baru ketika kondisi IHSG sudah tidak seberat sekarang ini.

Dan jika sekalipun Koloni Saham tetap melakukan pembelian saham-saham baru disaat kondisi IHSG yang belum menentu seperti sekarang ini, maka Koloni Saham tidak akan berlama-lama dalam meng-hold saham tersebut dan melaksanakan secara disiplin trading plan yang sudah dibuat.

Kesimpulan :

Memang.. Pada saat ini IHSG sedang mengalami penurunan yang cukup dalam karena banyak tekanan yang berasal dari dalam dan luar negeri, namun Koloni Saham masih yakin bahwa badai ini pasti akan berlalu dan masih banyak potensi-potensi besar di IHSG yang dapat kita eksplore bersama.

So.. Don’t Give Up and Keep Learning..

God Bless U All..

Advertisements

4 replies »

  1. Porto saya skrg malah tambah ya, karena banyak saham yang menurut saya terdiskon. Biasanya porto isinya dua emiten. Sekarang empat, bahkan lima. Beda strategi mungkin ya dengan Koloni.

    Salam.

    Like

    • Langkah pak aries sudah tepat.. mungkin strategi saya hampir sama dengan pak aries sebenarnya.. tp yang sy tambah hanya saham investasi sy yang sudah terkoreksi banyak, sedangkan untuk trading sy pakai cara swing aja.. kemarin sy juga nambah 2 saham di porto trading sy.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.