Analisa Koloni Saham

Pilihan Investasi Koloni Saham Jatuh Pada Saham Ini, Coba Cek!

Hello Sahabat Koloni,

Satu hari sebelum memasuki masa liburan panjang untuk memperingati hari raya Idul Fitri, Koloni Saham sempat membeli sebuah saham yang menurut Koloni Saham memiliki pergerakan dan prospek yang cukup baik, yaitu PT. Paninvest Tbk (PNIN) untuk dijadikan saham investasi di Portofolio Koloni Saham.

So.. Kalo di artikel sebelumnya, Koloni Saham sudah membahas mengenai saham-saham yang akan ditradingkan oleh Koloni Saham (Baca Artikel Ini dan Artikel Ini), maka untuk artikel kali ini, Koloni Saham akan membahas mengenai salah satu saham yang dibeli dengan tujuan untuk investasi.

Lalu.. Mengapa Koloni Saham memilih PNIN sebagai saham investasinya?

Koloni Saham setidaknya mempunyai 3 alasan yang menjadi pertimbangannya untuk membeli PNIN dan menjadikannya saham investasi. Alasannya apa saja? Bagi Sahabat Koloni yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai alasan tersebut, silahkan membaca artikel ini hingga selesai dan semoga artikel ini bisa memberikan ide bagi Sahabat Koloni dalan melakukan investasinya.

Yuk kita mulai,

Koloni Saham menggunakan 3 pendekatan analisa terhadap PNIN untuk bahan pertimbangannya sebelum membeli PNIN dan menjadikannya saham investasi, yaitu : 1. Analisa Teknikal, 2. Analisa Fundamental dan 3. Analisa terhadap prospek PNIN kedepannya. Mari kita bahas satu persatu :

1. Analisa Teknikal

Berhubung PNIN merupakan saham investasi, maka untuk menganalisa PNIN secara Teknikal, Koloni Saham akan menggunakan gambar grafik Weekly yang diambil pada tanggal 31 Mei 2019 lalu.

Gambar Grafik Weekly PNIN Tanggal 31 Mei 2019

Gambar Grafik Weekly PNIN Tanggal 31 Mei 2019

Pada gambar grafik Weekly diatas, Sahabat Koloni dapat melihat dengan jelas bahwa harga PNIN sedang bergerak Uptrend secara jangka menengah (Medium Term), dengan titik support kuat ada pada harga 1200 dan resisten kuat ada pada harga 1400.

2. Analisa Fundamental

Dalam menganalisa PNIN secara Fundamental, Koloni Saham akan menggunakan data kinerja PNIN di Q1 2019 yang lalu.

Kinerja PNIN Q1 2019

Kinerja PNIN di Q1 2019

Pada gambar diatas, Sahabat Koloni cukup memfokuskan diri pada ratio-ratio yang telah diberikan kotak-kotak oleh Koloni Saham. Namun jika Sahabat Koloni ingin melihat ratio-ratio PNIN secara lengkap, maka Sahabat Koloni dapat menemukannya di aplikasi RTI Business.

Harga PNIN yang sangat murah dibandingkan dengan harga wajarnyalah yang membuat Koloni Saham memlilih PNIN sebagai saham investasinya.

Bagaimana melihatnya?

Book Value / Harga Wajar (BV) PNIN berada di 6500 (dibulatkan), sedangkan harga PNIN sekarang di pasar saham hanya 1280, sehingga Price berbanding BV-nya (PBV) hanya 0.2x saja.

But.. Koloni Saham tidak hanya melihat PBV-nya saja, namun melihat juga laba bersih berbanding dengan ekuitas-nya (ROE) yang berada di 6.40%. Selain itu pertumbuhan EPS PNIN di Q1 2019 cukup baik dibandingkan EPS PNIN di Q1 2018.

3. Prospek PNIN kedepannya

PNIN merupakan induk usaha dari Panin Group yang bergerak dibidang jasa keuangan perbankan, asuransi, pembiayaan dan sekuritas, dengan anak usaha yang terdiri dari : PNLF (kepemilikan langsung), CFIN, PNBN, PNBS dan lainnya (kepemilikan tidak langsung).

Sebagai induk usaha dari saham-saham yang mempunyai kinerja baik, pergerakan harga yang bagus dan mempunyai brand yang cukup kuat di masing-masing sektornya, maka tidak heran prospek PNIN pun akan ikut terdongkrak naik oleh performa dari saham-saham yang menjadi anak usahanya tersebut.

So.. Menurut Koloni Saham, prospek PNIN kedepannya masih prospektif dan layak untuk dijadikan saham investasi jangka panjang.

Kesimpulan

Koloni Saham membeli PNIN dan menjadikannya sebagai saham investasi, karena alasan-alasan diatas, dimana harganya masih murah secara Fundamental, pergerakan harga yang sedang Uptrend secara Teknikal dan prospek yang masih cerah kedepannya.

Namun.. Selain 3 kelebihan dari PNIN seperti yang dijelaskan diatas, ternyata PNIN pun mempunyai 2 kekurangan, antara lain : 1. PNIN tidak pernah membagikan deviden setiap tahunnya dan 2. Pergerakan harga PNIN yang cukup lamban naiknya, meskipun harganya sudah sangat murah. Mungkin ke 2 kekurangan tersebutlah yang membuat PNIN kurang diminati oleh para trader / investor.

Saran Koloni Saham

  1. Bagi Sahabat Koloni yang berjiwa trader, maka PNIN ini kurang tepat untuk dijadikan saham tradingnya, karena masih banyak saham lain yang menawarkan keuntungan lebih besar dalam kurun waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan PNIN.
  2. Namun sebaliknya bagi Sahabat Koloni yang berjiwa investor, maka PNIN ini bisa dipertimbangkan sebagai salah satu saham yang layak untuk dimiliki, karena kinerja PNIN masih bertumbuh dan harganya ternyata tahan terhadap badai yang sewaktu-waktu datang menerjang IHSG.
  3. Bagi Sahabat Koloni yang ingin memiliki PNIN sebagai saham investasinya, maka harganya yang sekarang sudah cukup baik untuk mulai mengakumulasi saham tersebut.

Planning Koloni Saham

  1. Koloni Saham membeli PNIN di harga 1295 dan akan melakukan pembelian lagi, jika ternyata harganya turun 15 – 20%.
  2. Selama kinerja PNIN masih bertumbuh, maka Koloni Saham akan tetap hold.
  3. Koloni Saham akan menjual PNIN ini, jika ternyata kinerja PNIN mengalami penurunan atau harganya bergerak naik hingga sudah cukup mahal.

At The End

Analisa yang disuguhkan oleh Koloni Saham di artikel ini bukanlah sebuah ajakan untuk membeli PNIN, namun semata-mata hanya untuk memberikan gambaran mengenai pergerakan harga saham PNIN kepada Sahabat Koloni.

Oleh karena itu jika nantinya Sahabat Koloni memang tertarik untuk membeli PNIN, maka Koloni Saham sarankan agar Sahabat Koloni melakukan analisa kembali terhadap PNIN dan tidak menelan mentah-mentah analisa yang ada di artikel ini.

Semoga artikel ini membawa manfaat bagi Sahabat Koloni yang membacanya.

God Bless U All..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.