Dunia Koloni Saham

Update RTI Business Part II : Menu Analisa Saham

Hello Sahabat Koloni,

Beberapa bulan yang lalu, Koloni Saham sempat membuat sebuah artikel yang membahas tentang aplikasi RTI Business dengan judul “Update RTI Business Part I : Menu Pembuka” (Baca : Artikel ini). Di artikel tersebut, Koloni Saham sempat membahas mengenai menu-menu yang ada di halaman depan (Front Page) RTI Business dan cara pemakaiannya.

Kini.. Untuk melengkapi artikel mengenai aplikasi RTI Business sebelumnya, Koloni Saham membuat artikel lanjutan yang akan memaparkan menu-menu selanjutnya yang ada di RTI Business untuk dapat menganalisa sebuah saham.

Agar Sahabat Koloni dapat mengerti dan menggunakan aplikasi RTI Business ini secara optimal, maka ada baiknya Sahabat Koloni membaca ke 2 artikel yang telah dibuat oleh Koloni Saham mengenai aplikasi RTI Business ini.


Yuk kita mulai,

RTI Business

RTI Business

Koloni Saham berasumsi.. Jika Sahabat Koloni sudah mulai membaca artikel ini, berarti Sahabat Koloni sudah membaca artikel sebelumnya dan sudah meng-install aplikasi RTI Business ini.

Menu-menu untuk menganalisa sebuah saham yang ada di RTI Business ini cukup penting dan dapat memberikan gambaran yang cukup lengkap kepada Sahabat Koloni mengenai pergerakan harga dan kondisi keuangan dari sebuah saham yang sedang Sahabat Koloni pantau.

So.. Koloni Saham akan mencoba untuk menjelaskan sejelas-jelasnya mengenai menu-menu ini, agar Sahabat Koloni bisa menggunakan aplikasi ini dengan benar dan mendapatkan hasil yang maksimal dalam investasi maupun trading Sahabat Koloni.

WATCHLIST (Di Front Page)

Sebelum Koloni Saham masuk ke menu-menu untuk menganalisa sebuah saham, Sahabat Koloni perlu menyusun “Watchlist” terlebih dahulu dari saham-saham yang akan Sahabat Koloni pantau dan analisa. (Jika Sahabat Koloni belum mengerti caranya, silahkan baca Artikel Ini terlebih dahulu).

Watchlist UPD

Contoh “Watchlist” Koloni Saham

Pada gambar diatas, Koloni Saham menyusun “Watchlist” berdasarkan sektor Finance, yang berisi Bank, Multifinance, Perusahaan Investasi dan lain-lain.

Untuk melihat menu-menu analisa saham selanjutnya, yang Sahabat Koloni perlu lakukan adalah meng-klik saham yang ingin dianalisa. Sebagai contoh, Koloni Saham ingin menganalisa BBRI, maka Koloni Saham akan meng-klik BBRI dan selanjutnya akan muncul menu-menu sebagai berikut :

1. OVERVIEW

Overview UPD

Menu “Overview” BBRI Di RTI Business

Di menu “Overview” ini, Sahabat Koloni dapat melihat gambar grafik garis dari pergerakan harga BBRI yang periodenya dapat Sahabat Koloni pilih sendiri, seperti periode 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan hingga 5 tahun kebelakang.

Informasi mengenai Previous Close, Open, Day Range, Volume (Shares), Turnover (IDR), Frequency (x), Average Price, PER dan Market Cap tersaji lengkap dibawah grafik garis BBRI.

Dan.. Jika Sahabat Koloni men-scroll lebih kebawah lagi, maka Sahabat Koloni akan menemukan 2 bagian lagi di menu ini yang cukup penting, yaitu 1. Bagian yang memperlihatkan jumlah trader / investor yang melakukan Bid dan Ask beserta harganya dan 2. Bagian yang memperlihatkan jumlah lot yang berhasil ditransaksikan di masing-masing harganya.

Ke 2 bagian yang terakhir ini berfungsi agar Sahabat Koloni bisa mendapatkan gambaran singkat di titik harga mana saja yang sedang terjadi pertarungan hebat antara si penjual dan si pembeli.

2. ANALYTICS

Analytics

Menu “Analytics” BBRI Di RTI Business

Di menu “Analytics” ini, Sahabat Koloni dapat melihat Price Diary, Price Performance, Low – High Range, Investor Chart dan Top Buy/Sell. Namun dari ke 5 bagian tersebut, Koloni Saham biasanya hanya memperhatikan 2 bagian terakhir saja, yaitu Investor Chart yang dapat memberikan gambaran mengenai Net Foreign Buy/Sell BBRI dan Top Buy/Sell yang dapat memberikan gambaran mengenai broker mana saja yang sedang mengakumulasi dan mendistribusikan BBRI dalam kurun waktu tertentu (periode di ke 2 bagian ini dapat diubah-ubah)

3. FINANCIAL

Financial

Menu “Financial” BBRI Di RTI Business

Di menu “Financial” ini, Sahabat Koloni dapat melihat grafik pertumbuhan keuangan BBRI (seperti : neraca, laporan laba rugi dan cash flow) per tahun / per kuartal selama 5 tahun terakhir.

Ada beberapa kategori yang dapat dilihat di menu ini jika Sahabat Koloni meng-klik segitiga disamping tulisan “Growth”, antara lain:

  1. Quarterly : memperlihatkan Income Statement, Balance Sheet dan Cash Flow per kuartal.
  2. Annual : memperlihatkan Income Statement, Balance Sheet dan Cash Flow per tahun selama 5 tahun terakhir.
  3. Income Statement secara Quarterly (per kuartal) dan Annual (per tahun).
  4. Balance Sheet secara Quarterly (per kuartal) dan Annual (per tahun).
  5. Cash Flow secara Quarterly (per kuartal) dan Annual (per tahun).
  6. Earnings per tahun selama 5 tahun terakhir.
  7. Profitability per tahun selama 5 tahun terakhir.
  8. Growth per kuartal selama 5 tahun terakhir.

Menu “Financial” ini sangat mudah digunakan karena menggunakan grafik untuk mengetahui pertumbuhan keuangan sebuah saham dalam 5 tahun terakhirnya.

4. NEWS

News

Menu “News” BBRI Di RTI Business

Berbeda dengan menu “News” di Front Page RTI Business yang berisikan berita-berita umum, baik dari dalam maupun luar negeri, maka Di menu “News” BBRI ini, Sahabat Koloni hanya dapat membaca berita-berita yang berkaitan dengan BBRI saja.

5. CA NEWS

CA News

Menu “CA NEWS” BBRI Di RTI Business

Berbeda dengan menu “CA News” di Front Page RTI Business yang berisikan berita-berita mengenai Corporate Action yang sedang atau akan dilakukan oleh sebuah perusahaan secara random, maka Di menu “CA News” BBRI ini, Sahabat Koloni dapat membaca berita-berita mengenai Corporate Action yang sedang atau akan dilakukan oleh BBRI saja.

But.. Koloni Saham tidak pernah menggunakan menu ini, karena jika jadwal Corporate Action-nya sudah fix, maka biasanya akan muncul di menu “Corp Action”.

6. PROFILE

Profile

Menu “PROFILE” BBRI Di RTI Business

Di menu “Profile” ini, Sahabat Koloni dapat melihat sejarah singkat dari perusahaan, komposisi pemegang saham dan dewan komisarisnya. Bagi Koloni Saham, menu “Profile” ini hanyalah pelengkap untuk mengetahui secara singkat background dari saham yang sedang Koloni Saham pantau.

7. KEY STATISTICS

Key Statistics

Menu “Key Statistics” BBRI Di RTI Business

Di menu “Key Statistics” ini, Sahabat Koloni dapat menganalisa BBRI secara Fundamental. Koloni Saham biasanya melakukan analisa singkat sebuah saham secara Fundamental dengan menggunakan menu ini. Dan bagian-bagian yang telah Koloni Saham beri kotak-kotak merah merupakan bagian-bagian yang sangat penting untuk selalu diperhatikan (penjelasan lebih lengkap mengenai EPS, BV, PER, PBV, ROE dan ROA akan Koloni Saham bahas di artikel yang berbeda nanti).

Sebenarnya menu “Financial” dan menu “Key Statistics” ini saling berhubungan. Oleh karena itu jika Sahabat Koloni mengerti bagaimana mengkombinasikan keduanya untuk menganalisa sebuah saham secara Fundamental, maka Sahabat Koloni bisa mendapatkan banyak informasi yang sangat bermanfaat mengenai kinerja keuangan dari saham yang bersangkutan.

8. CORP ACTION

Corp Action

Menu “Corp Action” BBRI Di RTI Business

Di menu “Corp Action” ini, Sahabat Koloni dapat mengetahui jadwal dari event-event, baik yang sudah maupun yang akan dilakukan oleh BBRI, seperti Devidend, Stock Split dan RUPS.


At The Ends

Dari ke-8 menu analisa saham di RTI Business yang sudah Koloni Saham bahas diatas, sebenarnya hanya 4 menu saja yang paling sering digunakan oleh Koloni Saham untuk menganalisa saham-saham yang ada di “Watchlist”-nya, yaitu 1. OVERVIEW, 2. ANALYTICS, 3. NEWS dan 4. KEY STATISTICS. 

Koloni Saham menggunakan menu “Overview” dan “Analytics” untuk mengetahui pergerakan saham selama periode tertentu sedangkan menu “News” dan “Key Statistics” untuk mengetahui situasi dan kondisi terkini dari saham yang bersangkutan.

Tapi Sahabat Koloni perlu juga ketahui, bahwa Koloni Saham menggunakan ke 4 menu tersebut hanya untuk saham-saham yang sudah lama ada di dalam “Watchlist” Koloni Saham sehingga Koloni Saham sudah hafal dengan pergerakan saham tersebut termasuk juga dengan kinerja keuangannya.

Namun.. Jika ada saham-saham yang baru masuk kedalam “Watchlist” Koloni Saham dan ketika musim deviden telah tiba, maka Koloni Saham akan menggunakan juga menu “Financial” untuk menganalisa saham-saham baru tersebut dan menu “Corp Action” untuk mengetahui jadwal Cum Date dan Exp Date dari saham yang sedang dipantau.

Koloni Saham berharap bahwa artikel ini dapat melengkapi informasi yang telah Sahabat Koloni dapatkan dari artikel sebelumnya, sehingga aplikasi RTI Business ini dapat membantu Sahabat Koloni dalam menganalisa sebuah saham secara optimal.

God Bless U All..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.